Beauty

Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat di Bawah Terik Matahari

  by: Astriana Gemiati       20/8/2020
    • Tak hanya kulit saja mudah terkena paparan sinar, helai rambut pun juga bisa terkena dampaknya.
    • Seperti rambut terasa kering, mudah rapuh, dan gampang rusak.
    • Cosmo akan berikan tips untuk kamu bagaimana cara merawat helai rambut agar tetap sehat dan ternutrisi dengan baik.


    Pernahkah kamu memerhatikan bagaimana seharian di luar ruangan dapat membuat kulit kamu terasa sangat kering? Kerusakan itu juga berlaku untuk rambut kamu. Yup, benar sekali: Paparan sinar matahari langsung mengambil keduanya, kulit dan rambut! Sinar UVA dan UVB dari matahari langsung bisa menyebabkan hilangnya protein di batang rambut, hingga dapat menyebabkan helaian rambut mengalami kekeringan dan kerusakan. 

    Untungnya, ada beberapa cara untuk menjaga helaian rambut kamu dalam keadaan sehat dan bahagia. Misalnya, menggunakan bahan shea butter —yang terkenal karena khasiatnya dapat menenangkan kulit— juga bantu melembutkan dan menutrisi.



    Di bawah ini, Cosmo akan berikan tips bagaimana cara merawat helai rambut kamu agar tetap sehat dan ternutrisi dengan baik walau sedang di bawah terik matahari.


    Terapkan kondisioner tanpa bilas 

    Rambut kamu yang sudah terpapar sinar matahari bisa menyebabkan helaian mudah kering dan cepat rusak. Atasi dengan menerapkan kondisioner tanpa bilas untuk melindunginya.

    Kandungan shea butter organis cold pressed, aot protein, dan kolagen, kondisioner tanpa bilas ini instensif bantu melindungi rambut yang kusut dan rusak menjadi halus kembali.

    Rated Green Real Shea Protein Recharging Leave-in Treatment Rp160.300,-.


    Rutin menggunakan masker rambut

    Jika helaian rambut kamu terasa rapuh dan seperti ‘jerami’, itu artinya rambut kamu membutuhkan kelembapan. Isi kembali dengan perawatan menggunakan masker rambut yang bisa bantu menutrisi kembali, menjaga kadar minyak alami rambut, dan meningkatkan kialu rambut.


    Kérastase Masquintense Anti-Dry Hair Masque Rp600.000,-.


    Potong ujung rambut secara berkala

    Ujung rambut kamu paling rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Pigmen alami rambut akan teroksidasi dan membuat rambut juga mudah rapuh. Jadi, Cosmo sarankan agar kamu rutin melakukan pemotongan ujung rambut secara berkala agar helaian rambut kamu tetap terlihat sehat. 



    via GIPHY


    Menggunakan topi lebar

    Cara terbaik untuk melindungi rambut kamu dari efek sinar matahari yang merusak adalah dengan mnggunakan topi lebar. Karena ini sebenarnya bisa menghalangi sinar UVA dan UVB ketika kamu lupa mengaplikasikan tabir surya.





    ( Astriana Gemiati, Image: [email protected],  Dok. Instagram, GIPHY.com )