Celebrity

Cerita Monita Tahalea Soal Maluku & Harapannya untuk RI

  by: Giovani Untari       20/8/2020
    • Menyambut HUT-RI yang ke-75, Cosmopolitan Indonesia mengundang sejumlah selebriti Indonesia dari berbagai suku dan daerah, untuk bercerita tentang budaya di mana mereka lahir atau dibesarkan.
    • Salah satunya penyanyi Monita Tahalea yang akan menceritakan kepada kita lebih dalam tentang budaya Maluku.


    Merayakan HUT-RI yang ke-75, Cosmopolitan Indonesia mengundang sejumlah selebriti Indonesia dari berbagai suku dan daerah, untuk mengenalkan kepada para Cosmo Babes tentang budaya di mana mereka lahir atau dibesarkan. Dan meski berbeda-beda, tetapi seperti layaknya prinsip Bhineka Tunggal Ika, ini menjadi bukti betapa indahnya keberagaman yang kita miliki di Nusantara. Ini adalah sebuah ajang untuk kita saling belajar setiap kekayaan budaya yang ada, juga belajar semakin menghargai setiap hal yang tercipta, agar kita lebih menjadi Indonesia yang satu dan kompak lagi ke depannya.





    Di artikel ini, Cosmo mengajak penyanyi berdarah Maluku yaitu Monita Tahalea untuk menceritakan tentang keindahan Maluku serta seperti apa harapannya bagi Indonesia di usianya yang baru ini. Simak cerita pemilik album Dari Balik Jendela tersebut di sini:


    Hai Monita, apa destinasi lokal terbaik dari kota Ambon dan kira-kira apa saja yang wajib Cosmo babes lakukan jika berkunjung ke sana?

    Kalau Cosmo babes sedang pergi ke kota Ambon, kalian harus ke Pantai Natsepa, di sana kamu bisa mencicipi rujak Natsepa yang enak. Atau kamu juga bisa datang ke Pantai Batu Kapal. Di sana pantainya bebatuan dan saat sore hari kamu bisa duduk-duduk di sana sebab pemandangannya sangat indah.


    Apa tradisi Maluku yang sangat membekas bagi seorang Monita Tahalea?

    Keseniannya! Kita biasanya bernyanyi dan menari bersama-sama. Sampai sekarang pun kalau sedang kumpul bersama keluarga atau saudara yang sesama Maluku, pasti tidak jauh-jauh dari menyanyi.




    Hal apa yang membuat kamu merasa bangga dengan budaya Maluku?

    Selain keseniannya, saya bangga pada rasa persaudaraannya dan gotong royongnya sangat tinggi. Dan saya percaya sekali, sebenarnya seluruh daerah di Indonesia ini punya value yang sama atas rasa persaudaraan dan gotong royong tersebut.




    Cosmo penasaran untuk belajar bahasa Maluku, bisa Monita bantu untuk menyebutkan kata ini dalam bahasa daerah Maluku?

    Enak = Sedap

    Kakek = Opa

    Nenek = Oma

    Cantik = Cantik

    Ganteng = Gagah

    Rumah = Rumah

    Terima Kasih = Dangke banyak

    Aku Suka Kamu = Beta Suka Ale




    Terakhir, apa harapan Monita untuk Indonesia di Hari Kemerdekaan yang ke-75 ini?

    Di ulang tahunnya yang ke-75 ini, saya berharap baik kita warga negara Indonesia maupun pemerintah bersama lebih memikirkan lagi tentang masa depan Indonesia. Terutama untuk anak Indonesia di mana kita harus memikirkan secara mendalam soal kesehatan, kesejahteraan, serta pendidikannya karena mereka adalah masa depan bangsa Indonesia. Untuk kita masyarakat Indonesia, tetap saling membantu satu sama lain, gotong royong, dan semoga kita tidak lagi melihat satu sama lain dari warna kulit, agamanya atau apapun dari perbedaan-perbedaan lainnya yang terlihat. Tetapi ke depannya, kita melihat satu sama lain sebagai Indonesia.


    Simak video Monita dan beberapa selebriti Indonesia lainnya untuk Cosmopolitan Indonesia berikut ini:




    (Giovani Untari / Images: Dok. Instagram @monitatahalea)