Beauty

Wajib Tahu! Masa Kedaluwarsa Produk Tabir Surya Kamu!

  by: Astriana Gemiati       21/8/2020
    • Menggunakan produk tabir surya sangatlah penting bagi kita yang tinggal di negara tropis.
    • Penting untuk mengetahui apakah produk tabir surya kamu sudah mengalami kedaluwarsa.
    • Berikut masa kedaluwarsan produk tabir surya yang perlu kamu ketahui.


    Cosmo babes, tentunya kamu sudah tahu betapa pentingnya menggunakan sunscreen. Meskipun kamu menggunakan tabir surya wajah sebagai rutinitas (dan, itu sangat baik!), serta kamu masih menggunakan produk sunscreen yang sama —hmmm.. kamu sendiri lupa kapan membelinya— hingga sekarang. Baiklah, lupakan hal itu sejenak! 

    Hingga akhirnya kamu mulai berpikir, bagaimana cara mengetahuinya jika produk tersebut sudah tak layak pakai digunakan? Dan, apakah bisa mengalami kedaluwarsa? 




    Let’s go back to the basics..


    Apakah sunscreen mengalami masa kedaluwarsa?

    Yup, tabir surya memang memiliki kedaluwarsa, namun juga memiliki umur untuk menyimpannya. Sangat penting untuk tidak mengabaikan tanggal kadaluwarsa yang tertera di kotaknya. Karena bahan kimia yang terdapat di dalamnya akan mengalami perubahan dan mungkin akan kehilangan efek perlindungannya jika masa yang berlaku sudah melewatinya.

    Biasanya setiap produk akan mencetak tanggal produk masa tenggang dan meninggalkan lambang seperti gambar jar dengan tulisan 12M (months) atau 24M. Jadi, terhitung saat kamu memulai membuka tutup produk sunscreen, artinya khasiat produk tersebut akan berjalan hingga batas seperti yang tertera di lambang produk tersebut.


    Berapa umur simpan produk tabir surya?

    Umumnya, tabir surya akan bertahan hingga tiga tahun. The Food and Drug Administration (FDA) mengharuskan semua tabir surya menjaga kekuatan aslinya selama tiga tahun. Jadi, Cosmo sarankan juga agar kamu menuliskan tanggal di botol pada saat kamu membelinya. Sehingga ketika tiga tahun berlalu kamu sudah mengetahui bahwa produk tersebut sudah waktunya untuk dibuang.


    Bagaimana cara mengetahui kalau produk tersebut sudah tidak bisa digunakan?

    Biasanya kamu akan melihat perubahan pada warna dan konsistensi —cairan krim terlihat sangat encer. Dan, formulanya akan mulai terpisah (dalam hal tekstur) pada saat diaplikasikan.




    Apa penyebabnya produk cepat kedaluwarsa?

    Kebanyakan krim sunscreen telah dirancang untuk tahan terhadap banyak hal. Yang menyebabkan produk cepat kedaluwarsa, biasanya jika kamu membiarkan botol diletakkan di bawah sinar matahari langsung. Ini dapat memicu formulasi yang paling stabil bisa mengurangi khasiatnya. Letakkan di suatu tepat yang teduh dan kering.


    Apa yang terjadi jika kamu sudah menggunakan tabir surya kadaluwarsa secara tidak sengaja?

    Oh well, kemungkinan besar kamu akan mudah mengalami sunburn  dan formulanya sendiri dapat memicu reaksi pada kulit kamu —seperti iritasi.





    ( Astriana Gemiati / Image: rawpixel.com/freepik.com / Layout: Rhani Shakurani )