Beauty

6 Cara Untuk Melembutkan Rambut Kusut!

  by: Astriana Gemiati       22/8/2020
    • Kembalikan segera rambut kamu yang frizzy agar tampak lebih halus dan mudah diatur dengan cara ini.
    • Lakukan hal ini untuk mengatasinya!


    Dear, Cosmo yakin kita pasti pernah mengalami rambut yang sulit diatur dan bahkan terasa sangat lembap (huft!). Ternyata ada banyak cara untuk mengatasinya agar rambut kamu yang kusut menjadi frizzy, dan kembali tampak halus dan mudah ditata. 

    Yuk, cegah hal ini terjadi dengan enam cara berikut!



    Pertimbangkan sampo dan kondisioner

    Rahasia sebenarnya untuk mengatasi rambut kusut cukup dimulai dengan salah satu langkah pertama dalam rutinitas kamu, yup, apalagi kalau bukan pemilihan sampo dan kondisioner yang tepat.

    Coba gunakan sampo bebas sulfat. Selain bantu menyerap ke bagian dalam rambut dan melembapkan, glyceryn di dalamnya juga bantu hasilkan lapisan pelindung di luar helai rambut untuk mencegah dari kerusakan. Sedangkan kondisioner, bekerja untuk mengunci kelembapan pada rambut kamu. Plus, bantu juga dengan rutin mengaplikasikan dua kali seminggu dengan conditioning mask agar rambut kamu tetap sehat.


    Bersikaplah lembut pada rambut basah

    Coba gunakan paddle brush dengan cara menyisir lembut pada saat rambut kamu dalam kondisi basah. Hindari gesekan berlebih pada helai rambut kamu yang dapat mengganggu tekstur dan menyebabkan rambut kusut. Lalu, hindari mengeringkan rambut kamu secara kasar dengan handuk. Lakukan sebaliknya, cukup tepuk dengan lembut dan peras kelebihan air dari rambut kamu menggunakan kaos yang lembut.


    Oleskan oil, serum, atau krim ke rambut

    Mencegah rambut kusut adalah menghentikan kelembapan masuk ke rambut setelah ditata. Frizz terjadi saat rambut kamu dalam kondisi kering dan kutikula menjadi kasar, dan saat itu terjadi, kelembapan mudah masuk, serta bisa menyebabkan folikel menjadi membengkak dan kusut.

    Jika rambut kamu menjadi frizzy dan sulit diatur karena kelembapan, coba gunakan oil, serum, atau krim untuk mengunci kelembapan dari udara. Cosmo sarankan, gunakan oil, serum atau krim rambut pilihan kamu dan aplikasikan ke seluruh rambut kamu yang sudah ditata untuk bantu menghaluskan helai rambut kamu. 


    Jangan Dehidrasi Rambut

    Mengatasi rambut frizzy adalah tentang bagaimana memastikan rambut kamu tidak pernah mengalami dehidrasi. Jika kamu tidak sempat melakukan rutinitas pencucian lengkap setelah rambut kamu mengalami frizzy, coba atasi dengan cara membilasnya. Membasahi rambut akan bantu meresap kelembapan sebelum kamu menggunakan kain dengan lembut saat mengeringkannya. Setelah itu, lakukan langkah sebelumnya seperti di atas (menggunakan oil, serum, atau krim rambut), dan biarkan rambut kamu mengering alami tanpa bantuan alat pemanas.




    Blow dry rambut kamu dengan benar

    Girls, cara kamu mengeringkan rambut dapat memengaruhi tingkat kekusutan. Coba arahkan udara pengering rambut ke bawah dengan panas tinggi sambil menghaluskan rambut kamu menggunakan sisir blow dry. Panas dari hairdryer akan membuka kutikula rambut, sehingga memungkinkan untuk merekonstruksi tekstur rambut. Kamu dapat meregangkan kutikula rambut, yang juga bantu menghaluskan rambut kusut. Lanjutkan dengan mengaplikasikan vitamin rambut untuk menambah kilau pada rambut.


    Gunakan krim pelembap pada rambut

    Satu-satunya cara untuk memperbaiki rambut kusut adalah dengan coba mengoleskan kembali kelembapan pada batang rambut dengan menggunakan produk penataan rambut berbahan dasar air, lalu tata ulang rambut. Semprotkan hair mist pada rambut dengan lapisan tipis, sebelum kamu menghaluskan dan membentuk kembali ikal dengan bantuan jari-jari. 






    ( Astriana Gemiati / Image: [email protected], Dok. Instagram, GIPHY.com )