Celebrity

Nowela Mikhelia Bahas Budaya Papua & Harapannya Untuk RI

  by: Shamira Priyanka Natanagara       23/8/2020
  • Kita terkadang lupa bahwa Indonesia dipenuhi keragaman etnik dan budaya. Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-75, Cosmo mengajak sejumlah selebriti dari berbagai latar belakang budaya untuk memperkenalkan kultur daerah asal masing-masing kepada para Cosmo Babes. Mewakili Papua, Nowela Mikhelia bercerita tentang budaya Papua yang paling melekat pada dirinya, serta pelajaran yang ia dapatkan selama besar di Wamena, Papua sampai kini sukses berkarier sebagai seorang penyanyi. Mari kita mengenal lebih dekat budaya Papua melalui cerita Nowela:





    Hai, Nowela! Pertama-tama, Cosmo ingin bertanya tentang peran budaya kota asal dalam kehidupan. Seberapa besar peran budaya Papua dalam hidup Nowela dari kecil hingga dewasa?

    Wah, besar sekali. Saya tumbuh dengan dialek Papua sejak kecil, saya tumbuh dengan kebudayaan Papua dari kecil, saya suka menari karena sejak kecil kami [diajarkan] tari-tarian Papua—bahkan sampai sekarang pun saya membawa budaya saya ke dalam karya-karya saya. Budaya Papua sangat berperan dalam hidup saya hingga saat ini.


    Apa yang paling Nowela banggakan dari budaya Papua?

    Kalau alam Papua tidak perlu dipertanyakan lagi, tapi selain itu yang paling saya banggakan adalah solidaritasnya. Puji Tuhan saya adalah wanita Papua pertama yang sampai ke tahap final dan bahkan memenangkan Indonesian Idol. Saya ingat pada saat itu seluruh Papua mengirim SMS untuk mendukung saya. Mereka bergandengan tangan, mereka bangga ada orang Papua yang sampai ke tahap nasional. Solidaritasnya, rasa kekeluargaannya, rasa saling memilikinya adalah budaya yang sangat melekat bagi kami dan membanggakan bagi saya.



    Tentunya setiap wilayah di Indonesia memiliki makanan tradisional yang lezat! Apa makanan khas Papua favorit Nowela?

    Papeda! Papeda terbuat dari sagu yang telah diolah menggunakan air panas sampai menggumpal. Dan papeda tidak bisa dimakan sendiri, harus dilengkapi dengan kuah ikan kuning. Saya sudah terbiasa makan papeda sejak kecil, jadi makanan ini yang paling membuat saya


    Kalau Cosmo Babes akan berkunjung ke Papua, apa destinasi wisata terbaik yang wajib ditengok?

    Yang terkenal di seluruh dunia tentu saja Raja Ampat. Namun kalau Cosmo Babes pergi ke Papua, semua pantainya indah! Dan kenapa kalian harus ke sana? Karena kebanyakan belum tersentuh polusi dan gedung-gedung. It's very natural



    Adakah tradisi khas Wamena yang paling berkesan dalam hidup Nowela?

    Salah satu tradisi yang paling membekas bagi saya adalah hari Natal di Wamena. Mayoritas warga Papua adalah umat Kristiani, jadi rata-rata kota di Papua merayakan Natal dengan meriah. Pada hari tersebut bahkan jalan raya dan pohon dihias lampu!




    Apakah ada pesan atau pelajaran yang Nowela dapatkan dari Budaya Papua?

    Empati, rasa saling menghargai, dan rasa tolong-menolong. Saya ingat sejak kecil kalau ada teman saya yang beragama Islam sedang merayakan hari Lebaran, kami akan berkunjung dan merayakannya bersama-sama. Dan begitu pula ketika saya merayakan hari Natal, teman-teman saya yang muslim mengunjungi rumah saya. Meski beragam, kerukunan kami di Papua luar biasa.





    Sebagai warga negara Indonesia, adakah hal yang paling Nowela banggakan?

    Saya hidup di negara yang sangat kaya—secara alam, secara suku. Kalau sedang travelling ke luar negeri, pasti saya merasa homesick. Saya rasa warga Indonesia termasuk yang paling ramah di Bumi, dan saya bangga menjadi warga negara Indonesia.


    Apa harapan Nowela untuk Indonesia di Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75?

    Harapan saya untuk Indonesia di ulang tahun yang ke-75 ini adalah Indonesia semakin maju, semakin ada pemerataan di berbagai segi, mulai dari pendidikan, teknologi, hingga ekonomi, terutama di kampung halaman saya. Saya berharap Indonesia penuh dengan kedamaian di tahun yang ke-75 ini.


    Simak cerita lengkap Nowela dan selebriti lainnya di video berikut ini:



    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Instagram/Mikhelia)