Beauty

Cuaca Panas Bikin Kulit Jerawat? Atasi Dengan Cara Ini!

  by: Astriana Gemiati       24/8/2020
    • Cuaca lembap akibat panas memang bisa memicu mudahnya timbul jerawat baik di wajah ataupun punggung.
    • Coba atasi dengan cara ini untuk mencegah dan meminimalisir jerawat kamu.


    Terlepas dari apakah benar-benar memiliki kulit berjerawat atau tidak, udara panas bisa menyebabkan kulit kamu mengalami perubahan, seperti mudahnya timbul beruntusan atau jerawat. So, dear.. Penting untuk kamu mengetahui cara mencegah dan meminimalisir jerawat saat cuaca panas seperti ini, lho!

    Jerawat adalah peradangan dan folikel rambut yang tersumbat oleh kulit mati. Namun, peradangan dan pori-pori yang tersumbat ini bisa terjadi akibat terlalu banyak sebum di kulit, bakteri, ketidakseimbangan hormon, genetika, diet, dan bahkan pilihan kosmetik yang kurang tepat. Karena penyebabnya sangat banyak, penanganan dan pencegahan yang berbeda juga akan memberikan hasil yang berbeda-beda. 



    Jadi, jika kamu hanya mengalaminya hanya di saat cuaca panas, atau jerawat yang biasa kamu alami menjadi buruk, coba lakukan hal ini ini untuk mencegah dan meminimalisir jerawat akibat cuaca panas!


    Gunakan bahan kain

    Cosmo tahu selama pandemi ini, kamu diwajibkan menggunakan masker wajah untuk terhindar dari virus Corona. Nah, sebenarnya baik itu jerawat yang muncul di wajah ataupun punggung, cuaca panas memang berkaitan dengan kelembapan hingga mudah dapat memicu jerawat. Untuk membantu menghindari timbulnya jerawat di tubuh, Cosmo sarankan agar kamu menggunakan bahan yang adem, hingga kulit kamu dapat bernapas serta tidak akan menahan keringat di kulit. Kain alami seperti katun, rami, dan sutra sangat ideal.


    Baca jugaIni Dia Cara Mencuci Masker Kain Yang Benar


    Hindari riasan tebal

    Cuaca panas cenderung membuat kulit memang menjadi lebih mudah berkeringat. Foundation yang berat dan keringat yang menyatu, akan mengakibatkan pori-pori tersumbat hingga menyebabkan mudahnya mucul jerawat. Coba minimalisir riasan kamu dengan tinted moisturizer atau BB cream dengan aplikasi ringan pada wajah.


    Segera mandi setelah berolahraga

    Aktivitas musim panas seperti bersepeda ataupun lari memang terasa menyenangkan, bukan? Namun keringat yang bertahan terlalu lama di kulit juga bisa menyebabkan muculnya jerawat baik di wajah ataupun tubuh. Pastikan kamu segera mandi setelah berolahraga ya, girls!

    Nah, untuk kamu yang mengalami jerawat di sepanjang dahi, pastikan juga kamu mencuci rambut dengan benar dengan sampo lembut yang menargetkan untuk mencegah minyak berlebih di kulit kepala kamu.


    Pilih SPF yang tepat

    Beberapa jenis tabir surya sebenarnya bisa membuat kamu berjerawat lebih dari biasanya, karena formula di dalamnya bisa menyumbat pori-pori seperti moisturizing oil dan pewangi tambahan. Bagi pemiliki kulit berjerawat, kamu bisa mencoba menggunakan produk tabir surya dalam bentuk serum atau gel. Selain itu, Cosmo sarankan juga untuk memilih SPF yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin B3 yang membantu membersihkan jerawat sekaligus melindungi dari sinar UV.




    Gunakan perawatan yang tepat

    Saat merawat jerawat, bahan-bahan tertentu mungkin akan bekerja lebih baik daripada yang lain. Tentu saja, ini bisa membantu untuk mengetahui kulit kamu dan hanya fokus menggunakan produk yang bereaksi dengan baik. Jika kamu memiliki kecenderungan yang mudah berkeringat dan berjerawat, pastikan untuk tidak menggunakan produk super acidic atau alkaline, karena bisa membuat kulit kamu lebih mudah berminyak dan tidak seimbang.


    Batasi asupan produk susu kamu

    Cuaca terik dan ice cream, hmm.. sungguh lezat! Ice cream rata-rata memiliki kandungan susu di dalamnya. Susu juga bisa menyebabkan mudahnya timbul jerawat, lho! Jika kamu mengalami peningkatan jerawat coba kurangi dahulu ice cream atau produk susu lainnya, dan lihat apakah hasilnya akan membantu. 

    Kamu juga bisa menggantinya dengan asupan buah dan sayuran. Karena buah dan sayuran dapat meningkatkan antioksidan tubuh dan bantu kurangi peradangan, serta bisa mempebaiki kompleksi kulit kamu.


    Mencuci wajah setiap malam

    Kamu tidak ingin minyak berlebih di wajah kamu memiliki kesempatan untuk menyumbat pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat dalam semalam. Penting untuk mencuci muka setiap malam sebelum tidur, girls! Coba membersihkan wajah lebih dalam dari biasanya, karena cuaca panas bisa membuat kelenjar minyak bekerja berlebihan dan membuat pori-pori kamu lebih sulit dibersihkan.


    Konsultasikan dengan dokter kulit

    Jika kamu mengalami kesulitan untuk mengendalikan jerawat, segera konsultasikan dengan dokter kulit kamu untuk mengetahui apa yang sebenarnya menyebabkan jerawat, dan bagaimana cara untuk mengobatinya. Dokter kulit juga memiliki lebih banyak sumber daya untuk mengelola jerawat, termasuk obat resep, pengelupasan kimiawi, jarum mikro, dan perawatan sinar serta laser. Jadi, kamu bisa serahkan kepada para profesional.



     ( Astriana Gemiati / Image: [email protected] )