Celebrity

Yura Yunita Bicara Tentang Cintanya Terhadap Budaya Sunda

  by: Shamira Priyanka Natanagara       24/8/2020
  • Lahir dan besar di kota Bandung, Jawa Barat, budaya Sunda sungguh melekat pada Yura Yunita hingga saat ini. Dalam wawancara eksklusif dengan Cosmo dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-75, pelantun lagu "Hoolala" ini mengaku budaya Sunda berperan besar dalam membentuk dirinya dalam berbagai aspek, mulai dari kepribadiannya hingga passion-nya terhadap seni. Simak lebih lanjut cerita Yura tentang cinta dan kebanggaannya terhadap budaya kota asalnya berikut ini.




    Halo, Yura! Cosmo ingin tahu, dong, seberapa besar peran budaya Sunda dalam hidup Yura dari kecil hingga dewasa?

    Peran budaya dalam hidup Yura dari kecil sampai sekarang sangat besar. Saya rasa cara saya berpikir, berbicara, dan bersikap benar-benar terbentuk dari budaya Sunda.


    Budaya Sunda dikenal memiliki beragam lagu tradisional yang indah dan bermakna. Apakah ada lagu tradisional yang paling membekas dalam hidup Yura?

    "Es Lilin" adalah lagu Sunda yang pertama kali membuat saya jatuh cinta dengan sinden Sunda. Dan itu juga lagu pertama yang berhasil membuat saya menjuarai lomba menyanyi lagu tradisional saat SMP, oleh karena itu "Es Lilin" begitu membekas. 



    Saat masih kecil, apakah ada permainan tradisional yang populer di kota asal Yura? 

    Main karet! Itu adalah permainan wajib! Mulai dari setinggi telapak kaki, mata kaki, lutut, sampai setinggi tangan yang diangkat. Dan dulu pun saya merangkai tali karetnya sendiri. Yuk, kita main karet lagi!


    Adakah pesan atau pelajaran terbaik yang Yura dapatkan dari budaya Sunda?

    Budaya Sunda memiliki kesenian indah yang luar biasa banyak, dan Sunda juga mengajarkan sikap kekeluargaan dan keramah-tamahan—seperti cara orang Sunda berbicara dengan halus untuk menghargai orang lain. 



    Apa yang paling Yura banggakan dari budaya Sunda?

    Rasa kekeluargaan dan selera humornya. Saya rasa semua orang Sunda itu humoris dan senang bergaul dengan banyak orang.  


    Cosmo telah mencoba banyak makanan tradisional Sunda yang lezat! Menurut Yura, makanan khas Sunda apa yang paling enak?

    Duh, sebenarnya makanan khas Sunda favorit saya ada banyak, tapi sepertinya yang paling saya suka adalah peuyeum. Sejak kecil setiap acara Hari Raya, terutama kalau berkunjung ke rumah nenek, pasti selalu disajikan peuyeum yang dibungkus daun jambu. Itu enak banget, deh! Setiap menyantap peuyeum sampai sekarang pasti langsung teringat masa lalu.




    Adakah destinasi lokal favorit Yura yang wajib dikunjungi Cosmo Babes saat pergi ke Bandung?

    Sebenarnya segala tempat, seluk-beluk yang ada di Bandung itu indah buat saya... tergantung dengan siapa Anda datangnya. Jadi kalau Cosmo Babes datang bersama orang spesial atau yang disayangi, ke mana saja akan terasa menyenangkan. 



    Sebagai warga negara Indonesia, adakah hal yang paling Yura banggakan?

    Yang paling saya banggakan sebagai warga Indonesia adalah kita sebagai anak muda bisa merdeka untuk berkarya, untuk bersuara, dan bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Saya bangga menjadi anak Indonesia.


    Apa harapan Yura untuk Indonesia di Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75?

    Harapan Yura di Hari Kemerdekaan Indonesia adalah semoga anak muda sekarang akan menjadi tolak ukur untuk kesuksesan Indonesia. Semoga yang sedang jatuh, yang sedang berusaha bangkit kembali, dan siapapun yang membaca ini terus bersemangat untuk merakit mimpi dan membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Semoga kita terus bersatu, merdeka!


    Simak cerita lengkap Yura dan selebriti lainnya di video berikut ini:



    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dok. Instagram/yurayunita)