Lifestyle

Meriahnya Perayaan HUT RI ke-75 yang Diadakan Secara Virtual

  by: Shamira Priyanka Natanagara       25/8/2020
  • Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia selalu diadakan secara meriah dari tahun ke tahun. Terutama karena lomba 17 Agustus yang telah dinanti tak hanya seru, tapi juga menyatukan banyak orang, meski hanya selama beberapa jam. Sayangnya tahun ini suasana 17 Agustus berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Seperti sejumlah acara lain, perayaan HUT RI yang ke-75 pun terkena dampak pandemi virus corona—namun perubahan ini tidak meredupkan semangat masyarakat.





    Sebagai upaya mempertahankan semangat Hari Kemerdekaan tanah air, pada hari Senin, 17 Agustus kemarin merdeka.com menyelenggarakan perayaan ulang tahun Indonesia secara virtual. Acara dimulai dengan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI yang ditayangkan melalui platform streaming Vidio. Dan ya, upacara bendera tersebut disiarkan langsung dari Istana Negara!

    Ada pula penampilan tari bhineka oleh Ayodya Pala Indonesian Art Center, sebuah performans yang, sesuai dengan namanya, menunjukkan tarian tradisional dari berbagai wilayah di Indonesia. And it was definitely a beautiful performance!





    Penyanyi Andien Aisyah dan aktivis lingkungan Dimas Bagus juga turut mengisi acara sebagai pembicara talk show 'Bincang Pahlawan', bersama dengan Fiona Anjani Foebe dan Nurdiana Darus dari Unilever Indonesia. Melalui talk show ini, keempat pembicara ingin membangkitkan semangat para penonton agar bisa tidak putus asa dalam menjadi pahlawan versi mereka sendiri.

    Dan tentunya acara perayaan 17 Agustus kurang lengkap tanpa pertunjukan musik, bukan? Di acara virtual ini, Kunto Aji dan Selfi Yamma alumni Liga Dangdut Indonesia 2018 menghibur para penonton melalui penampilan live mereka. 

    Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia secara virtual ini merupakan pengalaman yang sedikit berbeda bagi Cosmo... tapi tetap menghibur! Meski sedang menghadapi pandemi, semoga semangat masyarakat Indonesia tidak meredup. Merdeka!


    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Nick Agus Arya on Unsplash, merdeka.com)