Celebrity

Feli Sumayku Bahas Karier Sebagai Penyiar Radio

  by: Kezia Calesta       26/8/2020
  • Nama Feli Sumayku sudah tidak asing untuk para pendengar radio: she's an expert in the field! Penyiar dengan gaya yang edgy ini telah bergelut dalam dunia radio selama sepuluh tahun, dan kini ia meluangkan waktu untuk berbincang dengan Cosmo, mulai dari pengalaman siaran hingga tips untuk menjalani hidup secara positif di tengah pandemi.


    1. Hai Feli! Apa saja kesibukanmu sekarang?

    Hai Cosmo! Saya masih menjalankan siaran sembari work from home, dan saya juga sedang menjalankan program sendiri di Lazada yang berjudul “Curhat with Nona Feli”. Lalu, selain bekerja sebagai MC maupun host untuk berbagai acara virtual, saya juga sibuk baking dan menjalankan home business sejak pandemi.




    2. Seperti apa evolusi seorang Feli selama menjalani karier di radio?

    Evolusi saya mengikuti setiap radio yang disinggahi. Saat di Trax. rasanya masih young, fresh, masih di dunia perkuliahan… lalu saya pindah ke iRadio dan di sana, rasa nasionalisme semakin meningkat dan saya pun semakin menghargai budaya tanah air. Sekarang, di Hard Rock, saya bisa lebih all-out dan bebas berekspresi, termasuk dalam segi personal style dan gaya bicara.



    3. Hal favorit dari menjadi seorang penyiar radio?

    Setiap mendengarkan musik yang dimainkan di stasiun, mau itu lagu lama, lagu baru, lagu yang saya kenali atau tidak… it’s the best feeling ever. Perasaan dekat dengan musik, karena sahabat seorang penyiar radio adalah musiknya; itu hal favorit yang saya selalu rasakan setiap kali siaran. 


    4. Milestone apa yang telah Feli berhasil capai di tahun 2020 ini?

    Punya program sendiri! That’s my achieved goal… bersyukur sekali karena akhirnya ada yang memberikan program khusus untuk saya, di mana saya bisa mengundang berbagai bintang tamu yang seru, termasuk teman-teman tercinta. Tidak bisa berkata-kata lagi… punya program dengan nama saya sendiri di title, I am grateful.



    5. Apa saja penyesuaian yang harus dilalui selama pandemi?

    Sulit sekali menyesuaikan diri sejak COVID-19. Sebelumnya, saya selalu ke luar ke tempat ramai, bekerja di tempat ramai, kemudian harus mengubah lifestyle dengan benar-benar mengurung diri di rumah. At first, I felt mentally exhausted, tapi lama-kelamaan, saya mencoba menyesuaikan diri dan mencari kesibukan sampai akhirnya saya memulai bisnis Feli Sumaycake yang ternyata cukup laris. Sekarang, saya sudah mulai menerima tawaran MC lagi, namun tetap dengan menjalankan protokol kesehatan agar semua orang tetap aman.


    6. Cara Feli untuk tetap positif di tengah kondisi ini?

    I pray. A lot. Cara saya sendiri untuk menjaga mindset dan stay positive adalah dengan menyempatkan diri untuk berkomunikasi dengan Tuhan di tengah aktivitas sehari-hari. Somehow, dengan berdoa, iman juga lebih dibangun dan saya jadi lebih bisa menerima keadaan. Kalau kata The Beatles, “let it be”, kalau kata Elsa dari Frozen, “let it go”. Hahaha!




    7. Tips dari Feli untuk menjaga mental health?

    I make my own happiness. Saya bertanya kepada diri sendiri, “apa yang bisa membuat saya bahagia?” Bisa sesimpel memesan makanan kesukaan, karena perut kenyang hati senang! Saya juga banyak menonton film yang inspiratif, karena saya bisa mempelajari banyak hal dan juga stay positive.



    8. Musisi atau album yang sangat kamu sukai akhir-akhir ini?

    Oh! Album terbaru Taylor Swift, Folklore. Semua lagunya sangat calming, dan pas sekali untuk didengarkan saat musim hujan. Album ini tidak membawa perasaan gloomy, tapi peaceful.


    9. Rekomendasi musisi lokal atau album Indonesia untuk bersantai di rumah?

    Monita Tahalea. Belum lama ini Monita merilis album Dari Balik Jendela, dan menurut saya vibe-nya memiliki kemiripan dengan Folklore. Album sebelumnya, Dandelion, juga salah satu pilihan favorit saya.



    10. Pesan Feli agar HardRockers dan Cosmobabes tetap semangat?

    Keep doing everything you want, selama kamu bisa dan tidak merugikan orang lain. Jangan sampai kamu menyesal akibat kesempatan yang dilewatkan. Yes, we should prepare for the worst, but what if there’s something good waiting for you? Jika passion kamu memang di sana, just do it. Pesan kedua, cobalah untuk mengerti diri sendiri, dan cobalah untuk mendengarkan lagu.

    There’s always a story behind a “now playing”.

    Carilah soundtrack yang bisa membuat dirimu semangat, atau yang membuatmu emosional — remember that it’s okay to feel sad. Ada lagu di luar sana yang bisa mewakili setiap perasaan, dan saat kamu menemukan lagu itu, rasanya seperti mempunyai teman yang mengerti. 


    (Image: doc. MRA Broadcast Media)