Lifestyle

Catat! Ini Daftar Film Rom-Com Terbaik dari Era 2000an

  by: Givania Diwiya Citta       28/8/2020
  • Hollywood selalu jadi produser raksasa untuk film romantic-comedy. Apalagi pada tahun 2000 sampai 2010, kita dianugerahi banyak rom-com terbaik: seperti para klasik How To Lose A Guy In 10 Days, 13 Going On 30, The Proposal, Love Actually, sampai Bridget Jones’ Diary. Film bergenre rom-com akan selalu sempurna untuk ditonton kapan pun – apalagi jika kamu perlu diingatkan, ada banyak sekali rom-com dari awal era 2000an yang mungkin kamu sudah lupa padahal bisa ditonton lagi sekarang.


    Seperti tipikal genre klasik lainnya, berikut adalah daftar film rom-com lucu, penuh cerita klise tapi manis, juga agak konyol, corny, tapi sangat menghangatkan hati. Film-film berikut ini akan membuat kamu tertawa, menangis, atau bahkan tiba-tiba Googling bagaimana kabar terakhir Shane West. Apapun itu, film-film menghangatkan hati berikut adalah obat sempurna untuk kesedihan kamu selama pandemi (atau sebenarnya kapan pun kamu membutuhkannya). Siapkan semangkuk besar popcorn, bersantailah di sofa, dan lompat ke era 2000an bersama film-film ini.




    A Lot Like Love (2005)


    Dalam film ini, Oliver (Ashton Kutcher) dan Emily (Amanda Peet) bertemu di pesawat dan koneksi mereka pun tumbuh dengan segera. Meskipun chemistry di antara keduanya tinggi, namun mereka tahu bahwa mereka bukan orang yang tepat untuk satu sama lain. Beberapa tahun setelahnya, mereka kerap bertemu dan saling menghubungkan diri beberapa kali, tapi tentu saja, mereka tetap tak bisa melihat kesempatan untuk hidup bersama.


    The Fighting Temptation (2003)


    BEYONCÉ?!?! Ya, ini benar: Queen Bey pernah mempercantik bioskop di tahun 2003. Cuba Gooding Jr. memerankan Darren Hill, seorang advertising executive sukses yang dipaksa untuk pindah dan kembali ke kampung halamannya, kota kecil di Atlanta, ketika ia kehilangan pekerjaan hingga hidupnya naik-turun. Ia pun berakhir memimpin paduan suara gereja untuk memenangkan sebuah kompetisi gospel. Beyoncé memerankan Lily, teman masa kecil Darren – dan tentu saja seorang penyanyi bersuara hebat yang mungkin bisa jadi kunci kemenangan paduan suara mereka.


    Get Over It (2001)


    Dalam film adaptasi santai dari A Midsummer Night’s Dream (kapan lagi kisah Shakespeare diadaptasi jadi rom-com yang seru) ini, Berke Landers (Ben Foster) adalah seorang siswa SMA yang berniat mendapatkan kembali mantannya, bahkan jika ia harus melakukan audisi dalam pertunjukan sekolah hanya demi dekat lagi dengan mantannya. Teman baik dari adik perempuan Berke, (Kirsten Dunst) membantu Berke untuk bersiap latihan peran dalam pertunjukan… tapi pada akhirnya, Berke jatuh cinta dengan orang lain. Dalam film ini pun mata kamu akan dimanjakan dengan kehadiran Mila Kunis, Shane West, Colin Hanks, dan Zoe Saldana.


    In the Land of Women (2007)


    Film ini dibintangi oleh Adam Brody sebagai Carter Webb yang pindah dari Los Angeles ke kota kecil di Michigan untuk merawat neneknya. Ia pun berakhir menghabiskan banyak waktu dengan keluarga di seberang rumahnya, yaitu seorang ibu (Meg Ryan) dan putri-putrinya (salah satunya diperankan Kristen Stewart). Bukan rom-com sempurna kalau tak ada Meg Ryan dalam filmnya.


    The Sweetest Thing (2002)


    Jika kamu butuh film tentang girl’s night out, kamu mungkin akan butuh menonton film ini. Christina (Cameron Diaz), Courtney (Christina Applegate), dan Jane (Selma Blair) adalah tiga teman yang berpetualang seru untuk mencari seorang pria yang Christina pernah temui di sebuah klub pada suatu malam. Ceritanya sangat lucu, manis, agak konyol, dan akan membuat kamu kangen dengan BFF.


    Bride and Prejudice (2004)


    Inilah rom-com versi Bollywood dari Pride and Prejudice. Dalam film ini, Manorama (Nadira Babbar) dan Chaman Bakshi (Anupam Kher) mencari suami sempurna untuk keempat putrinya – namun Lalita (Aishwarya Rai), si putri sulung, tak punya ketertarikan terhadap pernikahan yang dijodohkan. Ia pun mencari suami sempurna versi sendiri, hingga bertemu William Darcy (Martin Henderson), dan kamu bisa bayangkan bagaimana akhir ceritanya.


    Fever Pitch (2005)


    Berdasar dari buku A Fan’s Life oleh Nick Hornby, film ini adalah tentang Ben Wrightman (Jimmy Fallon), seorang guru yang mengencani Lindsey Meeks (Drew Barrymoore). Meski kepribadian mereka bertolak belakang, namun mereka tetap saling jatuh cinta dan hubungan mereka berjalan lancar… sampai Lindsey menyadari bahwa Ben sangat terobsesi dengan Boston Red Sox. Apakah perbedaan opini mereka terhadap baseball akan merusak hubungan keduanya? Tonton agar kamu tahu jawabannya.


    Whatever It Takes (2000)


    Film ini punya bintang-bintang bagus pada era 2000an: Shane West, Jody Lyn O’Keefe, James Franco, dan Marka Sokoloff. Dalam rom-com remaja ini, Ryan (Shane) yang kutu buku jatuh cinta pada Ashley yang populer (Jody Lyn), namun perasaannya tak terbalaskan. Sementara itu, bintang atlet Chris (James) menyukai Maggie (Marka), yang merupakan BFF Ryan yang sangat pintar. Akhirnya Ryan dan Chris bekerja bersama untuk mendapatkan pujaan hati masing-masing, sampai mereka tersadar bahwa mereka mengejar gadis-gadis yang salah.


    Bride Wars (2009)


    Sahabat masa kecil Liv (Kate Hudson) dan Emma (Anne Hathaway) jadi bridezilla yang saling bermusuhan ketika pernikahan impian mereka tak sengaja dijadwalkan di hari yang sama, di tempat yang sama. Tapi jangan khawatir, mereka berakhir hidup bahagia, kok.


    Win A Date with Tad Hamilton! (2004)


    Seperti rom-com terbaik lainnya, film ini didasarkan pada premis yang jenaka: Aktor besar Tad Hamilton (Josh Duhamel) pindah ke kota kecil demi mengejar seorang perempuan bernama Rosalee (Kate Bosworth). Sahabat Rosalee, Pete (Topher Grace) yang tak sengaja juga jatuh cinta dengan Rosalee, harus berkompetisi dengan bintang Hollywood tersebut demi memenangkan hati Rosalee. Mungkin ini tak akan pernah terjadi di kehidupan nyata, tapi tetap saja seru untuk ditonton!


    Deliver Us From Eva (2003)


    Jika kamu suka Gabrielle Union dari Bring It On, maka kamu juga akan suka dengannya di film ini. Gabrielle memerankan Eva yang bertugas untuk merawat keempat adik perempuannya sejak orangtua mereka wafat. Eva punya jumlah kontrol yang banyak untuk keempat adiknya, dan mendapatkan banyak warisan orangtuanya – sesuatu yang tak disukai oleh pasangan-pasangan para adiknya. Mereka pun membuat rencana untuk menjebak Eva dengan Ray Adams (LL Cool J), yang merupakan seorang playboy, namun ternyata rencana itu tak berjalan sesuai yang diinginkan.


    Catch and Release (2006)


    Pada hari yang seharusnya jadi pernikahan mereka, Gray Wheeler (Jennifer Garner) justru harus menghadiri pemakaman tunangannya, Grady Douglas. Sisa film ini bercerita tentang bagaimana Gray mencoba menata hidup kembali setelah ia kehilangan cinta dalam hidupnya. Dalam perjalanannya, ia menemukan kenyamanan dari teman-teman baiknya, yang dibintangi oleh Sam Jaeger, Kevin Smith, dan Timothy Olyphant. Subjek cerita ini mungkin lebih berat ketimbang rom-com lain, tapi tetap saja film ini manis.




    The Last Kiss (2006)


    Film yang lebih serius dan lebih introspektif ini berkisah tentang empat teman (Zach Braff, Casey Affleck, Michael Weston, dan Eric Christian Olsen) yang akan menginjak usia 30 dan panik tentang umurnya (siapa yang tidak?). Michael pun sedang mengalami hal yang berat karena sedang menjadi seorang ayah dan seorang yang diharapkan jadi dewasa, hingga ia malah berpaling ke perempuan lain, Kim (Rachel Bilson), untuk meminta bantuannya. Yikes, rumit.


    Down with Love (2003)


    Film ini menampilkan cerita rom-com klasik: dua orang yang saling membenci justru berakhir saling jatuh cinta. Cerita berlatar di tahun 1962, ketika seorang penulis feminis Barbara Novak (Renée Zellweger) menulis buku laris tentang mengapa cinta tak pernah sepadan dan mendorong perempuan untuk menghindari hubungan serius serta menikmati kemandiriannya. Penulis Catcher Black (Ewan McGregor) benci dengan pesan buku tersebut, dan punya rencana untuk menjebak Barbara agar jatuh cinta padanya. Coba tebak plot twist akan seperti apa?


    Good Luck Chuck (2007)


    Sebelum Dane Cook menjadi salah satu komedian stand-up tersohor, ia pernah membintangi film ini bersama Jessica Alba. Dane memerankan Charlie Kagan, seorang dokter gigi yang tak pernah beruntung menemukan cinta dalam hidupnya. Mengapa begitu? Karena setiap perempuan yang putus darinya langsung menemukan belahan jiwa setelahnya, jadi ia pun banyak dimanfaatkan oleh banyak perempuan. Sampai akhirnya ia bertemu Aba (Jessica) yang akan memecahkan kutukannya.


    License to Wed (2007)


    Robin Williams, John Krasinski, dan Mandy Moore dalam satu layar!! Dalam film ini, pasangan yang baru saja bertunangan, Sadie (Mandy) dan Ben (John), sedang merencanakan impian pernikahan mereka… tapi Pendeta Frank (Robin) membuat mereka harus melewati persiapan pernikahan yang berat. Dengan segala tes yang diberikan, Sadie dan Ben harus memutuskan apakah mereka memang ditakdirkan untuk bersama.


    Just Like Heaven (2005)


    Reese Witherspoon dan Mark Ruffalo dalam sebuah rom-com?! Ya, film ini punya plot yang cukup gila tapi… manis? Mark memerankan David, seorang arsitek duda yang baru saja pindah ke apartemen baru di San Francisco. Masalahnya: Ia digentayangi oleh hantu Elizabeth (Reese), yang tak bisa mengingat tentang hidupnya sebelum mati, dan sangat yakin bahwa dirinya sebenarnya masih hidup. Jadi David jatuh cinta dengan hantu? Ya, betul.


    Two Can Play That Game (2001)


    Shanté Smith (Vivica A. Fox) adalah seseorang yang selalu jadi penasihat tentang pria bagi teman-temannya. Tapi ketika kekasih Shanté, Keith (Morris Chestnut) mulai berubah, ia terpaksa harus mencari cara bagaimana mengontrol pria miliknya sendiri. Oke, cerita ini mungkin cukup unik di masa sekarang, tapi tetap saja sangat menghibur.


    What Happens in Vegas (2008)


    Perempuan karier serius Joy McNally (Cameron Diaz) bertemu seorang playboy Jack Fuller (Ashton Kutcher) saat berlibur di Vegas, dan setelah satu malam memabukkan, keduanya baru tersadar ternyata mereka melangsungkan pernikahan (tipikal insiden di Vegas). Tentu saja, keduanya tak bisa menggagalkan pernikahan, jadi mereka harus… mencoba mensukseskan pernikahan ini?


    No Reservations (2007)


    Dalam film ini, Kate Armstrong (Catherine Zeta-Jones) adalah seorang chef tersohor yang memiliki kepribadian bossy. Ia pun lantas menjadi ibu baptis dari keponakannya (Abigail Breslin), dan mulai punya perselisihan dengan sous-chef baru, Nicholas (Aaron Eckhart)… dan tentunya, Kate dan Nicholas malah saling jatuh cinta meski mereka bertengkar. Bukan rom-com namanya kalau tidak romantis dan humoris!


    Just My Luck (2006)


    Lindsay Lohan memerankan Ashley, perempuan paling beruntung di dunia: ia punya segudang pakaian cantik, punya teman-teman, dan banyak agenda sosial yang didatangi. Tapi ketika Ashley mencium Jake (Chris Pine) dalam sebuah pesta kostum, keberuntungannya malah menurun. Ia pun mencoba mengembalikan keberuntungannya, sampai hubungannya dengan Jake memanas… dan ya, ini juga cukup jenaka dan konyol, tapi layak untuk ditonton!


    Kate & Leopold (2001)


    Ratu rom-com era ‘90an, Meg Ryan, membintangi sebagai Kate, seorang eksekutif modern yang hanya tertarik pada kariernya. Sementara itu, ada Leopold (Hugh Jackman), seorang Ningrat dari akhir abad 1800 yang tak percaya tentang cinta. Perjalanan waktu membuat mereka bertemu di abad 21, dan keduanya pun berakhir menjalin hubungan.


    Made of Honor (2008)


    Patrick Dempsey memerankan Tom, seorang pria yang selalu menghindari hubungan berkomitmen. Namun ia berubah saat sahabatnya, Hannah (Michelle Monaghan) akan menikah, ia pun tersadar, ternyata selama ini ia mencintainya. Hannah pun memintanya untuk ikut andil dalam pesta pernikahannya, dan Tom pun justru berusaha melakukan banyak hal untuk menghentikan pernikahan Hannah. Ya, film ini terdengar seperti My Best Friend’s Wedding.


    The Heartbreak Kid (2007)


    Ben Stiller memerankan Eddie, pria yang menaksir Lila (Malin Akerman)… namun perasaan itu membuat keduanya menggebu-gebu untuk menikah. Namun ketika sudah menikah, Eddie justru merasa ia telah melakukan kesalahan besar, dan Lila bukanlah perempuan yang ia cari. Eddie akhirnya jatuh cinta pada Miranda (Michelle Monaghan), dan berusaha mengakhiri pernikahannya. Wild ride!


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Dok. Cosmopolitan US / Jessica Booth)