Better You

Insomnia? Coba Atasi dengan Lettuce Tea yang Viral di TikTok!

  by: Redaksi       2/8/2021
  • Selama masa pandemi ini, sepertinya banyak sekali tren kesehatan bermunculan di TikTok dan sekarang datang sebuah tren baru yang menargetkan untuk memperbaiki pola tidurmu: Lettuce tea. Lettuce tea atau air rebusan daun selada sendiri dipercaya dapat membuatmu cepat tertidur dan, yang lebih penting, tertidur dengan lebih lelap. Jutaan TikTokers dari berbagai bagian dunia terlihat mencoba tren ini setelah seorang pengguna asal London, Inggris, bernama Shapla Hoque mendokumentasikan pengalamannya. Dalam video tersebut, Shapla memberi testimoni bahwa ia merasa sangat mengantuk sesaat setelah minum ramuan ini.

    Minum Lettuce Tea Bisa Langsung Mengantuk?

    Oke, mungkin kamu sudah tertarik tapi masih ragu tentang hal ini. Seorang dokter bernama Brian Boxer Wachler, menanggapi tren ini di TikTok dan menjelaskan bahwa sebenarnya belum ada penelitian terkait lettuce tea yang dilakukan pada manusia tetapi ada satu yang dilakukan pada tikus. Brian mengatakan kalau dia juga melakukan tren ini dan ternyata benar-benar bekerja. Penelitian yang ia sebutkan sebelumnya dilakukan pada tahun 2017 lalu di Korea di mana para peneliti memberi makan anak tikus dengan ekstrak biji selada dan membandingkannya dengan anak tikus yang diberi makan pentobarbital (sejenis sedatif). Dalam penelitian itu, para anak tikus yang diberi ekstrak biji selada tidur 20 menit lebih lama dari yang diberi sedatif. Memang, sejak abad ke-19, selada banyak digunakan dalam ramuan obat tradisional sebagai sedatif alami dan pereda rasa nyeri. Tetapi, perlu diketahui juga kalau penelitian ini memiliki banyak batasan untuk dijadikan dasar penjelasan hubungan lettuce tea sebagai obat tidur bagi manusia.







    Cara Membuat Lettuce Tea

    Konsep di balik minuman ini cukup sederhana dan Cosmo yakin, kalau kamu bisa dan memiliki pengalaman membuat teh, kamu pasti dapat melakukannya.

    1. Siapkan bahan-bahan. Kamu akan membutuhkan daun selada, duh, sekitar satu atau dua lembar. Sebenarnya kamu bisa hanya menggunakan itu saja tetapi, kalau kamu ingin menambah rasa lain, kamu juga bisa menambahkan teh non-kafein seperti chamomile atau, seperti Shapla, peppermint.
    2. Rebus air hingga mendidih karena kamu akan memastikan daun selada yang kamu pakai “matang” di dalam air tersebut nantinya.
    3. Tuang air ke dalam gelas berisi bahan-bahan lainnya. Rendam daun selada dan teh pilihanmu dalam satu gelas selama 2-3 menit dan voila! Lettuce tea sudah siap untuk diminum.

    Efek dari lettuce tea berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang mengatakan mereka langsung mengantuk dalam 10-20 menit tetapi ada juga yang baru bisa terlelap setelah satu jam. Jadi jangan khawatir kalau kamu tidak langsung merasa ngantuk setelah meminumnya. Untuk membantu, kamu juga dapat mengatur nuansa kamarmu menjadi lebih nyaman dengan membuat udara jadi lebih dingin dan mematikan lampu.


    Makanan Lain yang Dapat Mengatasi Susah Tidur

    Kamu mungkin terkejut setelah minum ramuan ini karena ternyata rasa lettuce tea tidak seburuk yang kamu bayangkan. Rasanya persis seperti namanya: Air rebusan selada. Seperti daun selada tapi dalam bentuk air. Walaupun begitu, mungkin ada beberapa orang yang merasa tidak menyukainya, mengesampingkan seberapa ampuh minuman ini untuk membuatmu tertidur. Kamu dapat mencoba opsi lain seperti:

    • Jus buah ceri
    • Makanan atau suplemen tinggi magnesium
    • Teh dan ekstrak bunga chamomile
    • Akar valerian

    Jangan lupa untuk konsumsi sesuai batas dan anjuran dokter, ya!




    (Nabila Nida Rafida / Image: Dok. Freepik; Jasmine Huang, Toinane, Drew Jemmet on Unsplash)