Better You

6 Teh Terbaik untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

  by: Giovani Untari       1/8/2021
  • Teh aromatik telah lama dikenal berkhasiat untuk meredakan sakit tenggorokan, menurunkan risiko penyakit jantung dan kadar kolesterol, serta meningkatkan kualitas tidur. 

    Di samping itu, teh juga memiliki manfaat kesehatan lainnya seperti membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan mengurangi lemak perut yang membandel. Faktanya, sejumlah studi juga menyebutkan bahwa mengonsumsi jenis teh tertentu ternyata bisa ikut membantu menurunkan berat badan!




    “Teh mengandung tipe senyawa flavonoid yang disebut katekin, zat ini bisa membantu untuk memecah lemak tubuh lebih cepat. Di samping itu, kafein yang terdapat di teh juga membantu memaksimalkan penggunaan energi, sehingga tubuh membakar kalori lebih banyak. Kombinasi kedua senyawa ini membantu mendorong penurunan berat badan. Selain itu antioksidan juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh,” ujar Bala Sarda, CEO dan Founder VAHDAM India, salah satu merek teh ternama di India.



    Tertarik untuk mencobanya? Ini dia 6 teh terbaik untuk membantu menurunkan berat badanmu:


    1. Green Tea / Teh Hijau

    Varian teh satu ini sudah terkenal berkat manfaat kesehatan yang dihasilkan apabila dikonsumsi secara teratur. Teh hijau kaya antioksidan yang disebut katekin atau lebih tepatnya 'epigallocatechin gallate' (EGCG). Senyawa tersebut merupakan zat alami yang berkhasiat membantu meningkatkan metabolisme dan menstimulasi pembakaran lemak.


    2. Black Tea / Teh Hitam

    Teh jenis ini termasuk yang mengalami proses oksidasi terbesar dibandingkan jenis teh lainnya seperti teh hijau, white tea, dan teh oolong. Teh hitam pun kaya akan kandungan zat flavonoid yang kerap dikaitkan dengan penurunan berat badan. Selain itu teh hitam juga rendah kalori dan memaksimalkan hidrasi, sehingga membantu menurunkan berat badan secara lebih cepat.




    3. White Tea

    Diproses secara minimal dan dipanen saat teh masih muda, membuat white tea memiliki rasa yang distingtif, subtle, nikmat, dan sedikit manis. Ini yang membuatnya unik dibanding jenis teh lainnya. Tak hanya enak, white tea juga juga mengandung 'epigallocatechin gallate' (EGCG) yang membantu membakar lemak dan meningkatkan proses metabolisme tubuh.


    4. Oolong Tea

    Tingginya kandungan antioksidan di oolong tea dapat membantu membakar lemak tubuh secara lebih cepat dan efisien. Oolong tea juga termasuk teh berkafein, namun kandungan kafein di teh ini terbilang rendah dibanding teh hitam atau kopi. So yeah, oolong tea bisa kamu jadikan alternatif minuman yang lebih sehat.






    5. Peppermint Tea

    Tahukah kamu, kalau peppermint tea memiliki kemampuan menekan nafsu makan secara alami dan berkhasiat membantu sistem pencerrnan serta meningkatkan kualitas tidur kita. Di samping itu, peppermint tea juga berfungsi menenangkan usus, meredakan kembung, dan mengurangi rasa tidak nyaman di perut akibat gangguan pencernaan. Sangat disarankan untuk minum segelas teh mint setelah mengonsumsi makanan berat.


    6. Ginger Tea

    Teh jahe berkhasiat meredakan sakit perut, mual, nyeri, dan peradangan yang menyebabkan perut kembung. Saat dikombinasikan dengan pola makan seimbang dan olahraga teratur, teh ini bisa membantu menurunkan berat badan serta membuat kamu merasa kenyang lebih lama.






    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Ed. / Images: Dok. alleksana from Pexels, cottonbro from Pexels, Tara Winstead from Pexels)