Love & Sex

6 Tips Agar LDR Berjalan Lancar & Langgeng

  by: Giovani Untari       2/8/2021
  • Dengan kecanggihan teknologi saat ini, tentu saja hubungan jarak jauh aka Long Distance Relationship aka LDR menjadi lebih mudah untuk dijalani.

    Tapi tentu saja, kembali lagi ke pasangan dan diri masing-masing ada banyak pasangan yang berani maju dan mengambil keputusan untuk tetap memertahankan hubungan meski terhalang jarak. Tapi tak sedikit pula yang memilih untuk mengakhiri hubungan LDR mereka.




    Psikolog konseling, Dr Hirak Patel dari Fortis Hopital, Mulund, India mengatakan, "Apakah pasangan Anda worth it untuk ditunggu? Apakah kalian berdua bisa menjalani hubungan LDR ini? Bagaimana jika pasangan menemukan orang lain di sana? Pertanyaan di penuh keraguan atas sering kali ditanyakan dan 'menghantui' pasangan yang sedang LDR. Melakukan video call atau chat terkadang tidak bisa menggantikan kehadiran seseorang secara nyata. Tetapi tentu saja hal ini bisa diatasi secara yang bijak. Di tahun 2018, sebuah survei menunjukkan bahwa ada 27% pasangan yang bahkan awalnya tidak tinggal berdekatan dengan kekasihnya sebelum LDR. Sementara itu sekitar 50% pasangan mengaku bahwa mereka bertemu pasangannya saat ini secara online."



    Jadi bagi kamu yang saat ini akan atau sedang menjalani LDR, Dr Patel memberi beberapa nasihat percintaan penting sebagai berikut:


    1. Terima jarak di antara kalian

    Sangat penting untuk memahami bahwa dalam jarak akan menjadi penghalang yang membuat kalian tidak bisa sering bertemu secara fisik. Pahami alasan mengapa kalian berdua harus menjalani LDR, apakah karena tuntutan pekerjaan, kebutuhan finansial, mengejar pendidikan, keadaan keluarga, atau hal lainnya. Cara ini akan membuat hubunganmu bersama si dia terasa lebih mudah untuk dijalani.


    2. Komunikasi itu penting, tapi berikan juga pasangan ruang untuk dirinya

    Komunikasi jelas menjadi kunci dan aspek terpenting saat menjalani LDR. Tapi komunikasi yang jujur dan memberikan ruang kepada pasangan dan diri kamu sendiri juga tak kalah penting!

    Berkomunikasilah dengan cara yang kamu dan pasangan sukai. Jangan lupa untuk selalu berbagi informasi penting setiap harinya untuk membantu menjaga hubungan kalian tetap langgeng meski sedang berjauhan.



    3. Jangan terlalu berlebihan!

    Pastikan komunikasi yang kalian lakukan berjalan seimbang. Jangan terlalu memaksanya untuk selalu memberi kabar setiap menit lalu marah besar saat ia tidak membalas pesan kamu selama beberapa saat. Pahamilah bahwa pasangan pasti memiliki kesibukannya tersendiri. Pastikan pasangan tahu bahwa kamu membutuhkannya, namun jangan terlalu bersikap clingy dan mengekangnya. Hal ini bisa membuat pasangan merasa kesal dan tidak nyaman.


    4. Lakukan hal kreatif

    Seperti video call, menulis e-mail mesra, mengirimkan kejutan berupa surat yang ditulis tangan atau barang kesukaannya. Langkah ini dapat kamu lakukan agar hubungan jarak jauhmu terus berwarna dan saling mengetahui perasaan masing-masing.





    5. Jangan lupa untuk mendengarkannya

    Tunjukkan kamu peduli padanya dengan menjadi pendengar yang baik atas apa yang ia sampaikan. Tunjukkan ketertarikanmu terhadap apa yang sedang ia bicarakan. Tips ini juga berlaku untukmu. Ungkapkan apa yang sedang kamu alami agar ia juga mengetahui bagaimana keadaanmu saat ini. Kalian butuh saling sharing agar selalu merasa terkoneksi satu sama lain.


    6. Ciptakan kenangan baru

    Kamu bisa tetap mengeksplor dan berbagi pengalaman seru kok selama menjalani LDR. Cobalah lakukan beberapa aktivitas seru bersama si dia seperti menonton film bareng, memasak, atau menghabiskan hari secara virtual. Kamu juga bisa merencanakan liburan bersama pasangan. Can't wait!



    Saling percaya adalah landasan yang terpenting dalam menjalin sebuah hubungan. Bahkan meski terpisah secara fisik, selalu ada cara untuk mempertahankan koneksi emosional dan rasa saling memiliki.

    Memercayai pasangan adalah aspek krusial agar hubunganmu bersama si dia selalu langgeng saat LDR. Yang tak kalah penting adalah memberikan ruang personal dan saling terkoneksi, menghargai, dan bisa menerima perubahan yang ada selama melakukan LDR.


    Dr Patel menambahkan, "Ingat, jarak memang bisa mengubah keintiman dalam sebuah hubungan. Saat dua orang terpisah, sangat mudah untuk mengidealkan dan meromantisasi satu sama lain. Ini adalah hal yang baik tapi terkadang bisa berubah menjadi sesuatu yang delusional. Sangat mudah juga menaruh rasa curiga karena berjauhan, tetapi yang penting Anda harus mendengarkan penjelasannya secara logis ketimbang mencurigai hal-hal yang belum benar. Berani mengambil inisiatif juga menjadi hal esensial dalam sebuah hubungan. Hubungan bisa saja menjadi complicated apabila tidak ditangani dengan tepat. Tetapi jika kalian bisa melalui dan mencari cara mengatasinya, maka hubungan LDR akan terjalin secara sehat dan menyenangkan."




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Ed. / Images: Dok. Katerina Holmes from Pexels, Emma Bauso from Pexels, Paweł L. from Pexels, Daria Shevtsova from Pexels)