Celebrity

Man on Fire: Rangga Azof, Aktor Indonesia yang Kian Bersinar!

  by: Giovani Untari       5/8/2021
  • Sebagai salah satu aktor Indonesia yang paling dinantikan saat ini, Rangga Azof bercerita pada Cosmo soal keputusannya masuk ke dunia akting, arti sebuah popularitas, sampai kecintaannya pada games.

    Aftermath: The world needs more men like him!


    Hai Rangga, apa kesibukan kamu akhir-akhir ini?

    Saat ini saya sedang sibuk liburan di rumah. Saya memang sedang mengambil waktu istirahat sejenak, sebab selama hampir satu tahun setengah ke belakang saya selalu disibukkan dengan jadwal syuting sebuah sinetron.




    Sebelum terjun ke industri hiburan, kamu juga sempat magang di sebuah agensi periklanan. Apa perbedaan terbesar yang kamu rasakan saat bekerja di depan dan di belakang layar?

    Sebenarnya saya suka keduanya. Kalau bekerja di belakang layar, Anda lebih bisa "mengeluarkan" apa yang ada di otak lalu dibuatkan iklan kreatif, dll-nya. Tapi saya rasa, kesempatan untuk bekerja di depan layar juga bukan sebuah hal yang akan datang satu atau dua kali. Lantas saya berpikir mengapa tidak mencobanya? Waktu itu umur saya masih 25 tahun, takutnya semakin lama kesempatan saya justru akan hilang. Jadi itu mengapa saya akhirnya juga memilih untuk bekerja di depan layar. Bisa dibilang kesempatan di antara keduanya juga berbeda.



    Apa hal yang paling mengejutkan ketika kamu memasuki dunia akting?

    Situasi lapangan yang berbeda dari apa yang saya pikirkan. Meski sebelum syuting saya selalu melakukan observasi, tapi saat syuting kita terkadang berada di medan yang begitu berbeda. Hal ini bisa membuat mood kita sebagai pemain jadi drop. Biasanya saya akan memilih menyendiri di mobil dan mendengarkan musik untuk mengembalikan mood sebelum berakting.


    Atasan sweater & celana, GUCCI.



    Lantas apa yang akhirnya membuat seorang Rangga Azof jatuh cinta pada akting?

    Bagi saya akting itu adalah hal yang unik. Ada sesesuatu yang berbeda dalam diri kita yang bisa dikeluarkan melalui akting. Kita bisa mengolah keunikan tersebut ke dalam versi kita sendiri dan menjadi sebuah karya. 


    "Akting itu adalah hal yang unik. Ada sesesuatu yang berbeda dalam diri kita yang bisa dikeluarkan melalui akting. Kita bisa mengolah keunikan tersebut ke dalam versi kita sendiri dan menjadi sebuah karya."

    -Rangga Azof-


    Sebagai seorang aktor, apakah kamu pernah mengalami proses audisi yang sulit?

    Dulu pernah saat casting sebuah film. Saya rasa karena saat itu saya belum mendapat banyak ilmu dan masih mencoba-coba di dunia akting. Pengalaman itu membuat saya ingin terus belajar lagi, bahkan sampai sekarang. Kesulitan lainnya, saya itu orangnya suka tidak percaya diri. Tapi saya sadar kalau ingin bekerja serius di dunia ini saya harus lebih banyak bertanya dan melawan rasa tidak percaya diri tersebut.


    Andai bisa membuat sebuah dream project, siapa aktor / aktris yang ingin kamu ajak ke proyek tersebut?

    Saya ingin mengajak mas Abimana Aryasatya. Bagi saya ia adalah aktor yang selalu terlihat jujur dalam berakting. 


    Jaket & celana, Jan Sober; Kaos, UNIQLO.



    Apa saran akting terbaik yang pernah kamu dapatkan sepanjang kariermu?

    Saya masih ingat saran dari mas Mathias Muchus di awal karier saya. Beliau berkata bahwa akting itu adalah tentang kita merespons siapa pun yang ada di sekitar kita, merespons lawan main, alam, dan apa pun yang ada di sekeliling kita. Saya selalu ingat saran tersebut sampai detik ini.


    Sebelum menjadi aktor, apa impian kamu sebenarnya?

    Dosen, terutama dosen berpikir kreatif. Karena dulu di kampus saya sempat mendapat nilai yang tinggi untuk mata kuliah tersebut dan dipercaya membantu dosen mengajarkan suatu bab ke mahasiswa yang lain. Dari situ saya merasa sepertinya tertarik pada bidang tersebut dan berniat menjadi dosennya.


    Jika bisa bermain di satu buah film biografi, karakter siapa yang ingin kamu coba perankan?

    Saya rasa Chairil Anwar. Karena beliau adalah salah satu sastrawan yang pertama kali saya dengar karyanya saat menonton film Ada Apa Dengan Cinta.



    Selain akting, hal apa lagi yang kamu sukai? 

    Saya suka futsal dan saya juga suka sekali bermain games! Di rumah, saya bahkan mempunyai satu ruangan khusus yang saya set up untuk bermain games. Favorit saya games FIFA.




    Jaket, Coach; kemeja transparant, Jan Sober; celana & sepatu, milik pribadi.



    Apa hal yang paling tidak berubah dari diri kamu semenjak debut?

    Sifat tidak percaya diri saya, haha... Saya sering merasa tidak percaya diri saat harus tampil di publik, seperti pemotretan juga kadang saya tidak pede. Tapi saya belajar melawannya, cuma kalau orang yang tahu pasti akan kelihatan kalau saya itu sering tidak percaya diri.



    Sepertinya gaya rambut gondrong khas Rangga Azof cukup menjadi sebuah trademark tersendiri ya?

    Saya cukup tidak menyangka memang. Tapi sebenarnya saya sudah ingin memanjangkan rambut dari masa sekolah. Cuma kan tidak boleh karena peraturan. Saat kuliah pun kalau rambut saya panjang sedikit atau sudah merasa gerah, pasti akan saya potong. Sekarang saya baru bisa menyalurkan keinginan lama saya tersebut.



    Bagaimana cara kamu menanggapi popularitas yang semakin melejit?

    Bagi saya popularitas adalah salah satu bagian dan efek yang akan dihasilkan dari pekerjaan saya saat ini. Jadi menurut saya popularitas bukan sebuah hal yang buruk, asalkan tidak mengubah sifat asli dan karakter diri kita sendiri. Karena yang dikhawatirkan adalah popularitas justru membuat karakter seseorang berubah ke arah yang cenderung negatif.



    "Bagi saya popularitas adalah salah satu bagian dan efek yang akan dihasilkan dari pekerjaan saya saat ini. Jadi menurut saya popularitas bukan sebuah hal yang buruk, asalkan tidak mengubah sifat asli dan karakter diri kita sendiri."
    -Rangga Azof-


    Ceritakan soal filosofi hidup yang selalu kamu pegang?

    Kita harus selalu mewarnai, jangan mau diwarnai. Itu artinya kita jangan mau dipengaruhi oleh orang-orang yang negatif, tapi kita harus menjadi orang yang selalu menyebarkan vibes positif ke orang di sekitar kita.



    Apakah kamu tipe pria yang akan blak-blakan saat menyukai seseorang? Atau tipe yang cenderung mengamati dari jauh?

    Tidak, haha.. Saya tipe yang akan mengamati dalam diam.



    Terakhir bolehkah dibocorkan sedikit, apa upcoming project yang bisa Cosmo dan fans Anda nantikan di tahun ini?

    Rencananya akan ada satu web series yang segera mulai syuting. Doakan semoga prosesnya berjalan lancar.



    Atasan sweater & celana, GUCCI.





    Photographer: Hadi Cahyono
    Fashion Stylist: Astriana Gemiati
    Digital Imaging: Raghamanyu Herlambang
    Text: Giovani Untari / FT
    Makeup: Lorita Young
    Hair: Maria Robert
    Background Layout Photo Shoot: Severinus Dewantara