Better You

Lakukan 5 Hal Ini di Pagi Hari untuk Menjadi Lebih Produktif

  by: Redaksi       7/8/2021
  • Cosmo Babes, apa kamu pernah merasa bingung ketika di penghujung hari melihat pekerjaan yang kamu lakukan tidak memenuhi target? Atau mungkin merasa malas selama sehari penuh dan tidak punya keinginan untuk beranjak dari kasurmu yang nyaman? Jika hal ini terjadi satu atau dua kali saja, mungkin kamu memang hanya butuh istirahat sejenak. Tapi, kalau kamu terus menerus melakukan ini, bisa jadi ada yang salah dengan rutinitasmu di pagi hari.


    Memang sudah bukan rahasia lagi kalau apa yang kamu lakukan di pagi hari itu sangat penting. Selain karena kamu mengisi kembali energi setelah tidur semalaman, tapi ternyata kegiatan yang kamu lakukan juga dapat menentukan mood dan tingkat produktivitas kamu pada hari itu. Maka dari itu, memiliki rutinitas pagi yang baik adalah salah satu kunci kesuksesan harianmu. Ya, Cosmo tahu, kondisi setiap orang pasti berbeda-beda dan prioritasmu setiap hari juga pasti tidak akan sama. Tapi, tujuan utama dari memiliki rutinitas pagi ini bukanlah mengikuti sebuah jadwal yang ketat melainkan mencoba kombinasi dari beberapa hal yang kamu rasa bekerja dengan baik untukmu. Di sini, Cosmo sudah mengumpulkan lima kegiatan yang bisa kamu lakukan di pagi hari yang terbukti dapat meningkatkan produktivitas kamu di hari itu. Take notes, girls!




    Bangun Lebih Pagi




    Mungkin ini akan terdengar seperti mimpi buruk untuk kamu yang gemar tidur larut malam (meskipun sebenarnya begadang juga tidak baik untuk kesehatanmu dan Cosmo sangat menyarankan untuk tidak menjadikan itu sebuah kebiasaan). Tapi coba bayangkan skenario ini: Kamu bangun tepat jam 6 pagi, kamu beranjak dari kasur dan membuka jendela kamar dan membiarkan matahari pagi masuk ke kamarmu. Indah dan menyegarkan. Sekarang, coba bayangkan melakukan semua itu kalau kamu baru terbangun jam 1 siang, alih-alih menyegarkan pikiran, kamu akan merengut karena mendapati sinar matahari yang menyengat. Bikin mood hancur! Lagi pula, dengan bangun lebih pagi, kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan aktivitas lain. Entah itu berolahraga, membersihkan rumah, atau menambah pekerjaan yang akan kamu selesaikan.


    Membuat To-Do List



    Tidak jarang orang-orang merasa malas sebenarnya karena bingung apa yang harus ia lakukan. Mungkin pekerjaannya terlalu banyak sehingga ia merasa kewalahan an memutuskan untuk procrastinate. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa membuat to-do list singkat, sekitar 2-3 kegiatan, dengan skala prioritas dari setiap kegiatan yang ingin kamu kerjakan. Pssst, kalau bisa, kerjakan pekerjaan yang paling susah terlebih dahulu. Karena rasa pencapaian yang kamu rasakan setelah menyelesaikannya akan membuatmu lebih termotivasi untuk mengerjakan hal-hal lain.


    Olahraga



    Berdasarkan penelitian oleh University of Bristol, terdapat peningkatan signifikan dalam suasana hati dan kemampuan bekerja dari orang-orang yang berolahraga pada hari kerja. Berolahraga di pagi hari tidak hanya dapat meningkatkan energi tetapi juga menurunkan stres dan memperbaiki kemampuan fokus dan kreativitas seseorang. Kamu tidak harus melakukan olahraga berat, kok. Olahraga dengan intensitas rendah seperti yoga atau jalan pagi tetap bisa memberi keuntungan yang sama.


    Meditasi





    Berbeda dengan melakukan olahraga yang membuatmu bergerak, meditasi justru memintamu untuk berdiam diri di satu tempat. Eits, tapi jangan salah. Dengan melakukan meditasi, kamu dapat meningkatkan fokus pikiran dan menenangkan hati karena kamu akan fokus ke dirimu sendiri. Tidak hanya itu, ketenangan yang didapat setelah melakukan meditasi akan membuatmu lebih bersyukur dan menghargai waktumu di pagi hari sehingga kamu lebih termotivasi untuk memanfaatkan sisa waktu di hari itu dengan baik.


    Sarapan Tinggi Protein



    Entah itu sarapan atau brunch, pastikan makanan pertama yang kamu konsumsi setiap harinya merupakan makanan bernutrisi dan tinggi protein. Setelah lebih dari 6 jam berpuasa di malam hari, makanan yang kaya akan protein akan mendorong tubuhmu untuk bekerja dengan lebih baik. Kalau kamu bukan orang yang suka makan berat di pagi hari, kamu bisa memilih opsi lain yang lebih ringan seperti greek yogurt, smoothies, atau kacang almond.


    (Nabila Nida Rafida / Image: Dok. Mart Production, Maksim Goncharenok, Content Pixie, Trang Doan, RF._.studio on Pexels; Bruce Mars on Unsplash)