Fashion

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Memakai Piama Saat Tidur

  by: Dheniel Algamar       5/8/2021
  • Faktanya, tidur dengan nyenyak di malam hari dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Jika tidur kamu kurang berkualitas, maka ini dapat memengaruhi energi saat beraktivitas di siang hari. Hal tersebut pun dapat mengganggu keseimbangan emosional dan bahkan berpengaruh pada berat badan lho. Oh no!`

    Banyak sekali orang yang mengalami kesulitan tidur nyenyak dan berkualitas. Padahal kamu memiliki kendali besar terhadap kualitas tidur kamu lho. Well, sebenarnya ada banyak cara meningkatkan kualitas tidur kamu, namun salah satunya adalah dengan menciptakan suasana tidur yang nyaman. Bagaimana caranya?  

    Faktor utama yang kamu butuhkan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas adalah dengan memilih busana yang akan kamu kenakan saat tidur. Yup, piama jawabannya! Kenapa? Berikut alasan kenapa kamu harus memakai piama saat tidur. 



    Dapatkan tidur yang nyaman dan berkualitas dengan mengenakan piama.


    1. Piama dibuat dengan material yang nyaman.

    Salah satu alasan kenapa piama sangat populer dikenakan sebagai pakaian tidur adalah karena piama mampu memberikan kenyamanan. Fashion item ini biasanya mengenakan material seperti satin, soft flannel, katun yang ringan, bambu rayon, dan masih banyak lagi.

    Sebagai contoh, katun biasanya paling sering digunakan dalam membuat piama karena terasa lembut, nyaman, dan hypoallergenic. Ini artinya bahan tersebut akan terasa lembut meski dipakai oleh orang dengan berkulit sensitif. Oleh sebab itu material ini juga akan membantu tidur kamu jadi lebih nyenyak.

    Apabila kamu sering terbangun di tengah malam karena merasa tidak nyaman, gerah, dan sulit menemukan posisi tidur pas, maka coba kenakan setelan piama yang bagus sehingga dapat membantu tidur kamu.



    2. Piama dapat membuat kamu merasa hangat.

    Yes, kalau kamu khawatir akan merasa kedinginan kala tidur yang disebabkan oleh AC atau udara dingin di malam hari. Mengenakan piama juga bisa jadi solusi untuk meraih kehangatan saat tidur. Tinggal pilih material seperti polyester dan/atau box-weaved cotton sebagai teman tidur kamu. Lalu pilih juga piama dengan model lengan panjang dan celana panjang untuk perlindungan dari cuaca dingin, sehingga mengurangi risiko masuk angin atau flu.

    3. Piama dapat memberikan sinyal ke tubuh untuk tidur.

    Sama halnya seperti saat kamu memakai baju kerja untuk ke kantor, mengenakan piama untuk tidur akan secara otomatis menghidupkan sleep mode atau memberikan sinyal peringatan ke tubuh bahwa kini waktunya kamu tidur. Mengenakan piama jadi bagian dari rutinitas kamu sebelum tidur yang akan meningkatkan kualitas tidur dan durasinya juga. Kamu akan merasa nyaman sehingga pikiran dan badan pun lebih relaks.

    Saran Cosmo, agar semakin maksimal kualitas tidur kamu, selain memakai setelan piama yang matching tambahkan juga kaus kaki dan sleep masks. Kamu pun bisa juga mengoleskan essential oils seperti lavender untuk membantu tidur kamu agar semakin berkualitas.



    4. Piama bermodel longgar buat kamu bebas bergerak.

    Kalau kamu seperti saya yang suka sekali dengan busana bermodel longgar, maka kamu pasti akan menyukai alasan berikut. Yes, piama bermodel longgar memberikan banyak keuntungan bagi kamu, karena ini dapat membuat kamu bebas bergerak saat tidur.



    Kebebasan bergerak saat tidur akan membuat kualitas tidur pun meningkat, sehingga tidur lebih nyenyak. Namun perhatikan juga label, kancing, atau pengait yang terdapat pada piama karena detail kecil namun mengganggu seperti ini pun dapat mengiritasi kulit sehingga menimbulkan gatal.

    5. Memakai piama adalah sebuah bentuk self-care.

    Piama tidak hanya untuk kenyamanan dan juga untuk menambah kualitas tidur, tapi fashion item ini adalah bentuk dari self-care.

    Membeli piama dengan kualitas terbaik membuktikan bahwa kamu sangat menghargai kenyamanan dan pentingnya tidur sebagai alat pemulihan untuk kesehatan mental dan fisik. Memilih piama yang tepat dan sesuai dengan bentuk tubuh dan kepribadian kamu adalah cara sederhana untuk merawat diri sendiri.

    Pasti kamu akan merasa lebih senang berpakaian dengan setelan piama yang keren, dibandingkan dengan mengenakan kaus yang sudah usang atau busana olahraga.



    6. Ekspresikan gaya kamu lewat setelan piama.

    Meskipun setelan piama untuk tidur biasanya dibuat sangat sederhana, namun kini sudah banyak desain unik dan modis yang tersedia lho. Kamu bisa memamerkan gaya personal kamu lewat corak unik, atau memperlihatkan sisi feminin kamu dengan setelan piama berdetail renda yang mewah.

    Mengenakan piama yang keren dan seksi juga dapat membuat pasangan pun lebih bergairah di atas ranjang. Tak percaya? Coba saja!

    7. Piama juga akan buat kamu tampak keren kapan pun.

    Nikmati me time dengan mengenakan piama saat akhir pekan dan libur. Fashion item ini bisa menemani kamu binge watching serial favorit, tanpa takut terlihat acak-acakan apabila si dia tiba-tiba datang tak diundang.

    Mengenakan piama yang apik tak hanya buat kamu merasa nyaman di dalam rumah, namun juga ketika membuang sampah, mengambil surat, menandatangani paket yang tiba di depan pintu tanpa khawatir menujukkan kepada tetangga lubang pada celana atau kaus yang telah berusia 10 tahun.

    Yes ladies, semua ini adalah alasan kuat kenapa kamu harus mengenakan piama. Tak hanya menciptakan kenyamanan esktreme dan juga menambah kualitas tidur, namun piama pun memiliki manfaat lain seperti untuk kesehatan, mode, dan gaya sehingga kamu pun akan lebih siap menghadapi tantangan di hari berikutnya.

    (Image:  Kristina Petrick on Unsplash, Sare Studio, Suku Home )