Fashion

15 Tips Mengatasi Bau Kaki, Gatal, Dan Lecet Saat Memakai Sepatu

  by: Astriana Gemiati       8/8/2021
  • Cara menghentikan gesekan pada sepatu adalah sesuatu yang kita semua cari di Google setelah sepasang sepatu baru yang lucu (sangat mengganggu) meninggalkan kita dengan lecet. Jadi bagaimana kamu menghentikannya?


    Sandal jepit, sandal, sepatu hak tinggi bertali—semua alas kaki favorit ini dapat merusak kondisi kaki kita— dan itu terkadang cukup untuk mempersingkat waktu bersenang-senang di malam hari. Dan, itulah hal terakhir yang kami inginkan, jika hal ini bisa diatasi.




    Untungnya, dengan hack alas kaki ini, jari-jari kaki kamu bisa berada di tempat yang menyenangkan…



    1. Jika kamu harus memakai sepatu tertutup untuk bekerja… dan sepatu itu menjadi panas atau berkeringat, coba masukkan ke dalam tas jinjing lalu letakkan di freezer semalaman. Ini akan membunuh semua bakteri yang dapat menyebabkan masalah seperti infeksi jamur, kata Heidi Meckler MSc, ahli penyakit kaki terdaftar HCPC untuk Strive Footwear Strive Footwear.


    2. Pilih wedges atau block heels di atas stiletto jika memungkinkan... karena ini menawarkan lebih banyak dukungan di bawah kaki, kata Heidi.


    3. Jika kamu bersikeras memakai sepatu hak setinggi enam inci... coba oleskan atau semprotkan deodoran atau vaselin ke bagian dalam area tumit untuk membantu menghindari lecet, kata Heidi.



    4. Pelajari cara berjalan BENAR dengan sepatu hak tinggi… dan kami tidak bermaksud hanya menyempurnakan berjalan tanpa terjatuh. Salah satu alasan utama mengapa sepatu hak tinggi terasa sakit di telapak kaki adalah karena semua berat badan kita terlempar ke sendi-sendi kecil jari kaki kita. Berdiri tegak dan berkonsentrasi untuk meletakkan beban melalui tumit yang akan memberi kamu bantuan langsung dari mata kaki kamu, kata Heidi.


    5. Dan jika terjadi gesekan… pastikan kamu membawa surgical tape untuk dioleskan ke area mana pun yang mulai digosok—ini akan mencegah lecet dan tidak akan membebani tangan dan kaki kamu, kata Heidi.


    6. Pilih sandal yang didukung dengan baik daripada sandal jepit… sandal jepit dapat berdampak negatif pada kaki, postur, dan tubuh kamu. Jadi, buanglah itu demi sandal yang lebih mendukung dan pas untuk menghindari masalah jangka panjang, kata Heidi.


    7. Tetapi jika kamu seorang fanatik sandal jepit… carilah gaya yang berkontur ke bagian bawah kaki dengan tali yang lebih tebal untuk menahan kaki di tempatnya, dan hindari sol yang tipis, kata Heidi.



    8. Hairspray dapat membantu sandal jepit kamu agar tidak tergelincir… tidak akan sepenuhnya mencegah terjadinya slip, tetapi akan membantu cengkeraman kamu.


    9. Gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan lekukan sandal jepit… bakteri dan keringat dapat menumpuk di alas sandal jepit kamu dan mulai berbau, kocok dengan air yang dicampur dengan alkohol dan sikat gigi bekas.




    10. Jika kaki kamu memiliki aroma yang secara alami.. andalkan kaus kaki dan sandal kamu sekarang. Jadi, Manfaatkan lah ini!



    11. Tahan air sepatu espadrilles kamu....  karena secantik itu —espadrilles (sepatu kanvas) dan cuaca musim panas yang tak terduga BUKAN perpaduan yang bagus. Air = kaki lembap yang dapat menyebabkan infeksi dan bau tidak sedap.


    12. Jika sandal kamu basah… taburkan bedak bayi ke dalam sepatu kamu dan biarkan mereka menyerap semua kelembapan yang mengerikan itu. Jika cuacanya bagus, biarkan mereka di luar di udara segar untuk sirkulasi tambahan.


    13. Jika stiletto membuat tumit kamu kering atau pecah-pecah… cobalah menggosoknya dua kali seminggu dengan kikir kaki dan oleskan Vaseline setelah mandi. Ikuti dengan mengenakan sepasang kaus kaki katun agar Vaseline meresap, kata Heidi.


    14. Kenakan di dalam sepatu sebelum kamu memakainya… dengan memanaskan beberapa kaus kaki tebal dengan pengering rambut, dan memasukkannya ke dalam sepatu, lalu berjalan-jalanlah di sekitar rumah dengan memakainya.


    15. Sepatu baru? Gunakan beberapa amplas pada sol untuk memberi kamu pegangan yang lebih baik dan terhindar dari lecet.






    ( Astriana Gemiati, Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com/uk / Perubahan telah dilakukan oleh editor, Image: Dok. Pinterest)