Lifestyle

Rekomendasi Film Bertema Pandemi Ala Cosmo!

  by: Nadhifa Arundati       6/8/2021
  • Pandemi oh pandemi… Virus COVID-19 belum juga berakhir, walau beberapa berita baik sudah mulai bermunculan, namun banyak dari kita tetap merasa cemas dengan kehidupan yang belum stabil. Meski demikian, kita harus selalu bersyukur, karena masih diberikan kesehatan hingga detik ini.

    Out of that, ada banyak kegiatan di rumah yang bisa kita lakukan selama stay at home – saat pekerjaan sudah beres, tak ada salahnya dong untuk mencari beberapa list film yang seru untuk ditonton? Well, Cosmo punya beberapa rekomendasi film bertema pandemi nih, yang seru untuk ditonton – mungkin beberapa di antaranya cukup relatable. So, langsung saja simak!




    Outbreak (1995)



    Semua ini berawal dari serangga kecil – yang saking kecilnya, hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Kisahnya bermula dari wabah Afrika yang menyebabkan kematian para warga setempat, yang terjadi pada 30 tahun silam. Bukan film namanya kalau tidak ada biang kerok – seekor monyet yang berasal dari Afrika (status: sudah terinfeksi serangga) dibawa secara illegal ke Amerika Serikat… Dan di sini-lah titik awal merebaknya penyakit.

    Film yang dibintangi oleh Dustin Hoffman, Rene Russo, Morgan Freeman dan disutradarai oleh Wolfgang Petersen menjadi film bertema bencana yang cukup sukses di tahun 1995 – tak heran, karena film Outbreak merupakan adaptasi dari buku The Hot Zone: A Terrifying True Story karya Richard Preston. Meski National Geographic juga memproduksi serial yang diadaptasi dari buku yang sama, bertajuk The Hot Zone (2019), tetapi bagi Cosmo pribadi, masih lebih tertarik dengan versi film Outbreak. But well, I don’t know about you, karena keduanya tetap seru untuk ditonton.


    Flu (2013)


    Sebuah virus menyerang manusia dan mampu mematikan seseorang yang sudah terinfeksi hanya dalam waktu 36 jam. Yes, Flu menceritakan tentang sebuah wabah virus H5N1 yang terjadi di wilayah Bundang, Korea Selatan, disebabkan oleh seorang penyelunduk imigran gelap, Ju Byung Woo (Lee Sang Yeob) dan Ju Byung Ki (Lee Hee Joon). Kegaduhan mulai terjadi saat virus sudah mulai tersebar di seluruh wilayah.

    Film produksi CJ Entertaiment ini berhasil membawa para penonton ke dalam situasi yang sangat chaotic – ketidakadilan dalam hal penanganan, cara bertahan hidup, perang batin dalam melihat situasi yang tragis, serta beberapa tindakan lain yang terpaksa harus dilakukan demi bertahan hidup. Flu bukan sekadar film yang membuatmu bertanya-tanya tentang awal kemunculan virus – tujuan sang sutradara, Kim Sung-su, yakni ingin menggambarkan histeria masyarakat di tengah pandemi, yang dikemas secara dramatis… Well it’s just a movie after all.


    Deranged (2012)


    Bagaimana jika rasa haus malah menjadi penyebab kematian tersadis, yang mewabah di seluruh tempat? Sounds strange, tetapi kejadian ini mampu direalisasikan dalam film Deranged. Virus ini timbul akibat parasit cacing bulu kuda yang telah terinfeksi oleh virus mutan, bernama Yeongasi. Virus tersebut kemudian berkembang di tubuh manusia, mengambil cairan tubuh, lalu membuat seseorang yang sudah terinfeksi jadi kekurangan nutrisi dan berakhir dengan kematian.

    Seperti yang sudah dikatakan, wabah ini sangat tragis, pasalnya para korban yang sudah terinfeksi menjadi terdorong untuk melakukan bunuh diri massal dengan cara menenggelamkan diri ke dalam air – disebabkan oleh rasa haus yang tak kunjung hilang. Hal menegangkan lain terlihat dari sisi Jae Hyuk (Kim Myung Min), seorang mantan profesor biokimia, yang berusaha untuk mendapatkan obat penyembuhan bagi anak dan istrinya. Penasaran? Yes, memang sinopsisnya bikin kita jadi ingin segera menonton, apalagi banyak cerita permainan politik ‘licik’ yang diselipkan di film keluaran tahun 2012 ini. Thanks to Park Jung Woo, karena telah menyutradarai film dengan plot yang lugas.




    Contagion (2011)


    Contagion juga termasuk film yang sangat relate dengan kondisi COVID-19 – karena memang terinspirasi oleh tragedi penyakit SARS, yang melanda pada tahun 2002 lalu. Gejalanya pun sama; berawal dari flu yang menular melalui kontak fisik dan droplet – bahkan film Contagion sempat heboh diperbincangkan, saat penyakit COVID-19 muncul pertama kali di Indonesia, lantaran punya banyak kemiripan.

    Diperankan oleh Matt Damon, Gwyneth Patrol dan Kate Winslet, film ini menceritakan tentang virus berbasis ‘flu’ yang seketika menimbulkan kematian – bahkan belum ada obat khusus yang mampu mengobatinya. Berfokus pada kisah Mitch (Matt Damon), yang harus berhadapan dengan situasi pahit saat virus menyerang anak dan istrinya. Masyarakat pun berpolemik perihal pengobatan virus, memicu aksi demonstrasi dan penyebaran ‘teori konspirasi’ dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Well, Cosmo wont spill much, kamu langsung nonton saja deh!


    Carriers (2009)


    Setelah menyaksikan film Carriers, Cosmo merasa paham dengan perasaan para karakter di film ini, dimana mereka ingin pergi jauh dari wilayah yang sudah terkontaminasi virus – seperti mencari pelarian untuk merasakan hidup damai, jauh dari kekacauan. Tetapi balik lagi, namanya juga film, tidak mungkin lepas dari konflik… Carriers mengisahkan tentang Brian (Chris Pine), Danny (Lou Taylor Pucci), Bobby (Piper Perabo) dan Kate (Emily VanCamp) yang berencana untuk menginap di suatu tempat yang aman, menunggu sampai wabah virus berakhir, dengan beberapa syarat: tidak boleh berinteraksi dengan orang lain (selain mereka) atau bahkan menolong seseorang yang sudah terinfeksi.

    But yeah, things didn’t go well, banyak insiden yang terjadi saat sedang dalam perjalanan – mereka tetap ingin menjaga komitmen, tetapi di sisi lain, mereka juga diuji dengan perasaan iba terhadap orang-orang di sekitar. Film ini berhasil bikin perasaan jadi campur-aduk…. Cosmo just being honest.


    (Nadhifa Arundati / Image: Dok. Outnow.ch)