Love & Sex

Stop! Jangan Lakukan Ini Saat Masih Pendekatan alias PDKT

  by: Redaksi       12/8/2021
  • Banyak yang mengatakan kalau masa-masa PDKT alias pendekatan adalah salah satu tahapan paling menyenangkan dalam sebuah hubungan. Ketika kamu dan pasangan masih baru saja mengenal satu sama lain, mencoba hal baru bersama, dan rasa cinta masih sangat tinggi. Rasanya, setiap pagi selalu kepikiran dan setiap malam selalu memimpikan dia!


    Meski begitu, sebenarnya PDKT ini juga tahapan yang paling krusial, lho, dalam sebuah hubungan. Karena pasanganmu akan menganggap bahwa apa yang kamu lakukan selama PDKT akan menjadi gambaran dirimu saat menjalin hubungan kedepannya. Maka dari itu, kamu juga harus berhati-hati dengan bagaimana memperlihatkan kepribadianmu. Bukan berarti kamu harus berpura-pura dan mengubah sikap di depan doi, ya. Tapi kamu harus bisa menempatkan diri kamu di tahapan hubungan saat itu. Nah, di sini Cosmo sudah menuliskan beberapa perlakuan yang bisa bikin gebetanmu ilfil alias hilang feeling. Listen and take notes, Girls!




    1. Terlalu sering membahas mantan

    Bukan hal yang aneh, kok, untuk membahas tentang hubungan lamamu bersama gebetan baru. Justru hal ini penting untuk dilakukan agar kalian berdua saling tahu apa saja kesalahan yang terjadi di hubungan-hubungan tersebut. Masalahnya adalah, kalau kamu sampai membicarakan apa yang mantanmu berikan saat ulang tahun, siapa yang sekarang dekat dengan dia, atau restoran mana saja yang pernah kalian kunjungi saat masih pacaran. Terlalu sering membicarakan mantan akan membuatmu seperti masih belum bisa move on atau seolah-olah sedang membandingkan antara mantan dan gebetan barumu.



    2. Terlalu cepat terbuka

    Proses PDKT memang dilakukan dengan tujuan agar kalian berdua saling mengenal satu sama lain. Mungkin kamu akan melakukan deep talk, saling bercerita tentang masa kecil, dan berbagi tentang apa yang kalian suka dan tidak suka. Tapi, kalau kamu terlalu terbuka dalam waktu yang cepat juga bisa jadi bahaya, lho! Pertama-tama, bisa saja si dia merasa hubunganmu bergerak terlalu cepat dan dia belum siap. Lalu, kamu juga akan lebih mudah terbawa perasaan ke orang yang masih belum jelas apakah akan menjalin komitmen denganmu.


    3. Egois

    Not everything is about you! Ingat, kamu di sini masih belum resmi menjalin hubungan dengannya. Jadi wajar saja kalau sesekali dia lama dalam membalas pesan karena sedang bekerja atau lebih memilih untuk hangout bersama temannya. Selain itu, sifat egois ini juga rawan terjadi ketika kamu sedang saling mengenal. Pastikan kalau kamu juga menanyakan tentang dia dan tidak hanya berbicara tentang kamu dan kesibukanmu saja.


    4. Posesif

    Sekali lagi: Kamu masih belum resmi menjadi pacarnya. Jangan sampai kamu dicap posesif karena menuntut untuk terus dikabari tentang apa yang sedang ia lakukan atau dia sedang bersama siapa. Kamu boleh, kok, menanyakan siapa teman perempuan yang ada di IG Story-nya kemarin. Tapi hanya ambil jawaban dia sebagai informasi saja. Jangan sampai kamu cemburu berlebihan dan malah mengekangnya.


    5. Berbohong

    Entah itu saat PDKT atau saat sudah berstatus pacar, lying is never okay! Kalau kamu sudah merasa harus berbohong saat masih dalam tahap pendekatan, dan kamu tidak bisa berhenti melakukannya, lebih baik kamu menyudahi hubungan tersebut. Suatu hubungan, apapun itu hubungannya, tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya rasa kepercayaan dari satu sama lain.




    (Nabila Nida Rafida / Image: Dok. Andrea Piacquadio, Emma Bauso on Pexels)