Fashion

Cara Mudah untuk Merawat Tas Kulit

  by: Redaksi       13/8/2021
  • Mengetahui bagaimana cara membersihkan tas kulit (tanpa merusaknya) adalah sebuah keahlian yang dapat membantumu di masa depan nanti. Entah itu dengan tas dari desainer terkenal atau barang high street, tas kulit sejatinya didesain untuk bertahan lama. Cosmo yakin, kalau kamu memiliki tas kulit ini, kamu akan menyukai tips apapun yang ditujukan untuk merawat fashion item favoritmu, memperpanjang kehidupannya dan memastikan kalau kamu mendapatkan yang terbaik dari uang yang telah kamu keluarkan.




    Di sini, Cosmo akan membahas dengan rinci cara membersihkan tas kulit, mulai dari langkah-langkah menghilangkan noda cairan dan bau tidak enak hingga tips terbaik untuk menjaga dan menyimpan tas milikmu agar tetap berada di kualitasnya yang terbaik. Cosmo sudah berbicara dengan para ahli di The Handbag Clinic yang berspesialisasi dalam perawatan dan perbaikan tas desainer. Mereka akan menjelaskan dan memberi saran tentang merawat tas kulit, termasuk apa yang harus dilakukan dan permasalahan yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang.




    Membersihkan Tas Kulit

    Mungkin membawa tasmu ke seorang spesialis dan membersihkannya secara profesional setiap bulan terdengar seperti ide yang bagus, tapi untuk sebagian besar dari kita hal ini tidak realistis untuk dilakukan. Nah, ternyata ada, lho, langkah-langkah mudah yang dapat kamu ikuti untuk membersihkan tas kulitmu di rumah.

    1. Mulai dengan membersihkan bagian dalam dan luar tas. Buatlah busa pembersih dari cairan cleaning solution dan memijatnya ke seluruh permukaan tas.
    2. Biarkan mengering selama beberapa menit sebelum dilapisi dengan protection cream. Hati-hati ketika sedang membersihkan bagian tali atau handle, sudut-sudut tas, dan area lain yang sering dipegang. Setelah itu biarkan selama 10 menit sebelum membersihkan bagian yang masih terdapat krim.
    3. Proses ini memakan waktu kurang dari 15 menit dan kamu dapat menghemat uang untuk biaya perawatan atau perbaikan tas kedepannya. Selain itu, proses ini juga dapat menjaga nilai dari tasmu sehingga uang yang telah kamu keluarkan untuk membelinya tidak terbuang sia-sia.
    4. Kalau kamu memiliki tas dengan warna yang lebih terang atau bahan kulit yang memiliki daya serap tinggi, mungkin kamu ingin mengulangi proses ini beberapa kali untuk benar-benar menghilangkan noda.
    5. Jika kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk membersihkan seluruh tas, fokus di bagian-bagian utama seperti bagian handle agar tas tetap terlihat lebih segar.

    “Memiliki produk pembersih dan pelindung di rumah cukup esensial jika kamu ingin memberikan perawatan yang optimal pada produk kulitmu. Care kits dari The Handbag Clinic sudah memiliki semua yang kamu perlukan, mulai dari sponge, kain, dan brush,” jelas Charlotte.


    Membersihkan Noda Cairan dari Tas Kulit

    “Salah satu isu yang paling sering kami temui di Handbag Clinic adalah noda cairan di tas,” jelas Charlotte. “Sebagian besar barang yang termasuk luxury fashion menggunakan bahan kulit yang lembut dengan kualitas terbaik, tetapi sayangnya kulit jenis ini sangat mudah menyerap cairan. Karena tas digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan, maka tas sangat rentan untuk terkena cairan seperti air hujan, minuman, parfum, dan, percaya atau tidak, cat rambut.”


    “Selalu lindungi tasmu ketika sedang berada di dalam salon rambut karena percikan cat rambut adalah salah satu cairan yang paling banyak mengotori tas yang dibawa ke klinik kami. Seperti biasa, mencegah lebih baik dari mengatasi. Maka dari itu, melindungi tasmu dari tumpahan atau percikan cairan yang tidak disengaja sangat disarankan,” terang Charlotte. “Tentu saja kecelakaan bisa terjadi, jadi kalau kamu tidak sengaja menodai tasmu, berikut beberapa langkah yang dapat kamu ikuti untuk mengangkat noda tersebut dan tidak merusak permukaan tas.” P.S.: Jangan bersihkan menggunakan air atau cleaning solution yang kamu miliki. Melakukan hal ini hanya akan semakin mengotori tas.

    1. Mulai dengan menyeka area yang kotor sesegera mungkin dengan kain kering atau tisu. Kamu ingin menyerap sebanyak mungkin cairan ini.
    2. Setelah kamu menyerap cairan berlebih menggunakan kain kering, sekarang lakukan hal yang sama tetapi menggunakan kain basah atau tisu yang dibasahi dengan air hangat.
    3. Mulai dari bagian luar noda dan membersihkannya ke dalam; ini akan mencegah penyebaran noda. Di tahap ini kamu sudah bisa menggunakan cleaning solution sedikit demi sedikit.
    4. Ulangi langkah pertama untuk menyerap air atau cleaner berlebih. Ingat: Jangan pernah menggosok area yang ternoda karena hanya akan menyebarkan noda itu ke area lain.
    5. Keringkan tas di dalam ruangan kering yang hangat. Jangan aplikasikan panas secara langsung ke area yang kotor karena akan membuat noda semakin menempel.



    Hal-Hal yang Harus Diingat saat Membersihkan Tas Kulit

    1. Gunakan cleaning solution yang tepat… karena kalau kamu menggunakan tisu basah, cuka, atau ramuan rumahan lain untuk membersihkan tas dan menghilangkan noda. Sebagian besar dari bahan yang digunakan pada ramuan tersebut memiliki bahan kimia yang dapat memudarkan warna, merusak kondisi dan meninggalkan minyak permanen pada kulit.
    2. Sebelum membersihkan tas, jangan lupa untuk melakukan spot-testing dan lakukan ini di bagian dalam tas yang tidak mudah untuk dilihat.
    3. Kunci utama untuk menghilangkan noda tinta adalah dengan langsung membersihkannya… sebenarnya, paling mudah adalah dengan langsung membawanya ke jasa profesional. Tapi, kalau kamu tidak bisa melakukannya, coba bersihkan dengan produk khusus yang dapat mengangkat tinta dari bahan kulit dan ikuti instruksinya dengan baik. Pastikan area yang dibersihkan mengering dengan benar.
    4. Jika noda yang ingin dibersihkan sudah lama… jangan coba membersihkannya sendiri. Kamu hanya akan membuang waktu dan tenaga karena noda tersebut sudah terserap dengan baik dan hanya perawatan dari profesional yang dapat membersihkannya.


    Menghilangkan Bau Tidak Sedap dari Tas Kulit

    “Membersihkan tas dari bakteri adalah langkah pertama untuk menghilangkan bau tidak sedap, jadi tas harus dibersihkan dari dalam dan luar,” jelas Charlotte. “Kebanyakan orang berpikir bahwa mereka hanya perlu membersihkan bagian dalam saja ketika berurusan dengan menghilangkan bau.”

    1. Periksa material yang digunakan di lining dan exterior. Pastikan kamu memiliki produk yang tepat untuk material tersebut.
    2. Kalau tasmu memiliki lining yang mudah dilepaskan, tarik dan bersihkan.
    3. Jangan lupa untuk membersihkan bagian kantong.
    4. Fokus ke bagian handle dan bagian lain yang sering dipegang karena bisa jadi bagian tersebut menyerap minyak yang dapat memicu bau.
    5. Setelah bersih, selesaikan dengan protection cream.



    Hal yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Tas Kulit

    1. Jangan pernah menggunakan air untuk membersihkan noda minyak… karena hanya akan membersihkan di permukaan.
    2. Jangan gunakan saddle soap karena bahan di dalamnya terlalu kuat dan dapat memudarkan warna tas.
    3. Jangan jemur di bawah sinar matahari… karena akan menyebabkan warna tas pudar dan merusak kulit.
    4. Hindari memegang tas saat memakai krim tangan… kamu hanya akan menodainya dengan minyak.


    Apakah Kamu Perlu Melindungi Tas Kulitmu?

    Ketika kamu memikirkan tentang kondisi tas, menurut Retail Director dan Co-Founder The Handbag Clinic, Charlotte Staerck, langkah awal adalah dengan pencegahan. Charlotte menjelaskan bahwa tahapan ini adalah kunci utama untuk merawat tasmu. “Membersihkan dan melindunginya secara rutin, bahan kulit sama seperti kulit tubuh kita yang butuh perawatan skincare! Kami menyarankan untuk melakukan ini dari hari pertama,” jelas Charlotte. “Setelah itu kamu harus tetap melindunginya karena menjaga kualitas tas bukan sekedar quick fix.” Hal lain yang dapat kamu persiapkan adalah bantalan tas untuk disimpan di dalam tas ketika sedang tidak dipakai atau gantungan meja agar tas tidak tersentul lantai kotor.


    Seberapa Sering Kamu Harus Membersihkan Tas?

    Jawabannya tergantung dari seberapa sering kamu memakai tas tersebut. Semakin sering kamu sentuh, maka semakin sering harus dibersihkan. “Kalau kamu menggunakan tas tersebut setiap hari, maka kamu harus membersihkannya setiap dua atau tiga bulan. Tapi, kalau kamu hanya memakai tas itu sesekali saja saat weekend, kamu bisa membersihkannya setiap enam sampai sembilan bulan.”



    Mengatasi Goresan di Permukaan Tas Kulit

    Lagi-lagi, mencegah lebih baik dari mengobati. Goresan pada permukaan tas bisa terjadi akibat terlalu sering tersentuh, gesekan dari detail pada tas, atau isi tas yang terlalu penuh. “Meskipun kita menggunakan tas untuk bepergian, kamu juga harus ingat bahwa tas ini adalah aksesori dan hanya dapat membawa barang dalam jumlah tertentu,” jelas Charlotte. “Kalau tasmu menggunakan turn-lock atau penutup lain yang harus ditekan atau diputar dan kamu kesulitan untuk menutup tasmu, kemungkinan besar kamu akan menggores permukaan tas dan dapat merusak penutup tersebut. Hal yang sama terjadi pada tas yang menggunakan pegangan rantai atau tali. Semakin banyak tekanan pada rantai, semakin cepat rantai tersebut rusak.”




    Penyimpanan Tas Kulit

    1. Isi bagian dalam tas dengan bantal kecil ketika tidak dipakai… hal ini dilakukan untuk menjaga bentuk tas.
    2. Gunakan dust bag. Dust bag yang datang bersama tasmu bukanlah aksesori belaka tapi untuk melindungi tasmu dari debu.
    3. Jaga agar tetap tertutup… kalau kamu tidak memiliki dust bag, sarung bantal juga dapat menjadi alternatif lain.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Nabila Nida Rafida / Image: Dok. Instagram @handbagclinic; Anne R on Pexels, Freepik)