Beauty

5 Fakta Unik Kakadu Plum, Superfood yang Populer di Dunia Skincare!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       12/8/2021
  • Skincare enthusiasts, Cosmo yakin kamu sudah mengenal baaanyak sekali macam bahan kandungan produk perawatan kulit, mulai dari yang kimiawi hingga yang natural. Tapi, apakah kamu sudah mengenal kakadu plum?

    Belakangan ini sejumlah label kecantikan melirik kakadu plum berkat kandungan nutrisinya yang berlimpah. Dan tentunya, jenis buah ini juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan kulit. Mau tahu apa saja? Simak fakta menarik seputar kakadu plum berikut ini!




    Australia’s Hero Ingredient

    Mungkin kakadu plum terdengar asing, termasuk bagimu yang seorang skincare enthusiast. Wajar saja, jenis buah ini memang tidak ada di Indonesia—it’s from Australia! Kakadu plum biasa ditemukan di area tropis Wilayah Utara Australia dan telah menjadi salah satu makanan khas penduduk asli negara Kanguru tersebut selama ribuan tahun. Kini, berbagai merek kecantikan memanfaatkan kandungan nutrisi kakadu plum untuk produk skincare.



    No. 1 in Vitamin C!

    Mengapa buah ini menarik perhatian industri kecantikan? Jawaban singkatnya: Kaya akan vitamin C! Menurut Australian Native Food & Botanicals, kandungan vitamin C dalam kakadu plum mencapai 7000 mg/100g DW—100 kali lebih banyak dari kandungan vitamin C dalam buah jeruk, dan merupakan konsentrasi vitamin C tertinggi dalam sebuah buah.


    More Antioxidants than Blueberries

    Tak hanya kaya akan vitamin C saja, kakadu plum juga kaya akan antioksidan. Australian Native Food & Botanicals mengatakan bahwa kakadu plum memiliki lebih banyak antioksidan daripada blueberry.


    Anti-Aging Properties

    Berkat kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi, kakadu plum memiliki khasiat anti-aging pada kulit. Vitamin C sendiri dikenal sebagai bahan kandungan yang dapat mengurangi garis-garis halus pada wajah, sedangkan antioksidan berfungsi sebagai pelindung kulit dari radikal bebas, yaitu molekul tidak stabil yang menyebabkan dampak buruk pada kulit, salah satunya mengganggu produksi kolagen yang dapat menimbulkan tanda-tanda penuaan dini.


    Psst… It’s a Superfood!

    Yes, kakadu plum pun merupakan superfood! Pada dasarnya, superfood adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi dan manfaat bagi kesehatan. Karena kaya akan vitamin C dan antioksidan, serta terbukti bermanfaat bagi tubuh, kakadu plum dianggap sebuah superfood (atau lebih tepatnya… superfruit!).




    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: cottonbro, Mudrik H. Amin on Pexels)