Lifestyle

5 Cara Mudah Membersihkan Earphone yang Kamu Gunakan!

  by: Giovani Untari       13/8/2021
  • Confession: Saya suka menonton video-video aneh di Youtube, salah satunya video soal membersihkan kotoran telinga. Yup, I’m on the ~dark~ side of Youtube.

    Tetapi menonton hal-hal yang terlihat “gross” tersebut terkadang membuat otak saya lebih bahagia dan jadi penasaran untuk mencari tahu hal unik lainnya di dunia.






    Lalu seperti yang sudah diduga, algoritma Youtube merekomendasikan saya sebuah video AirPods sedang dibersihkan secara profesional menggunakan bantuan mikroskop. Sekali lihat, earbuds tersebut terlihat bersih dan normal. Namun saya sungguh terkejut dengan betapa banyaknya kotoran telinga yang ada di dalamnya. 

    Itu cukup membuat saya merinding karena masalahnya.... saya bahkan tidak bisa mengingat kapan terakhir membersihkan semua earphone yang saya punya! Bisa dibayangkan betapa kotornya earphone saya saat ini.



    Anyway, jika kamu langsung tertarik untuk memeriksa kondisi kebersihan earphone-mu, ini dia 5 langkah mudah untuk membersihkan earphone yang kamu gunakan:




    1. Ambil tusuk gigi untuk mengeluarkan kotoran telingan yang ada di earphone kamu.

    2. Semprotkan alkohol untuk membersihkan kotoran. (Tapi jangan semprotkan terlalu banyak karena bisa merusak perangkatmu).

    3. Bersihkan kotoran dan sela-sela earphone menggunakan sikat kecil bersih atau cotton bud. Ulangi sampai permukaan earphone bersih.

    4. Biarkan earphone-mu kering selama 24 jam dari sisa alkohol sebelum menggunakannya lagi.

    5. Jika kamu merasa earphone milikmu butuh pembersihan yang lebih menyeluruh, bawalah ke jasa profesional.


    ***Trigger warning: Graphic and gross visuals ahead.***


    Kalau kamu masih penasaran dengan apa yang ada di dalam earphone-mu, tonton video berikut ini:







    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Image: Dok. salman hossain saif from Pexels, Polina Tankilevitch from Pexels, Marcelo Chagas from Pexels)