Lifestyle

Unik! Ini 4 Makanan yang Lagi Viral di Korea Selatan

  by: Giovani Untari       14/8/2021
  • Korea Selatan merupakan rumah bagi tren makanan unik yang sedang viral di media sosial. Ingat di tahun 2020 silam saat semua orang membuat dalgona coffee?

    Atau kita yang ikut penasaran dengan rasa Korean cream cheese garlic bread? Bagaimana dengan kamu yang jadi tertarik memasak menu ayam ala Korea?

    Tentu, kita juga tidak bisa melupakan Honey Butter Chips yang sangat fenomenal (fun fact: keripik ini sekarang bahkan memiliki rasa cherry blossom!). Harus diakui warga Korea Selatan memang sangat kreatif dalam urusan makanan dan di tahun 2021 ini pun tidak jauh berbeda.



    Cosmo pun mencatat 4 tren makanan yang lagi viral di Korea Selatan dan wajib kamu coba:


    1. Rose tteobokki

    Kamu pasti sudah familiar dengan tteokbokki. Makanan Korea satu ini merupakan kue beras berbentuk putih panjang dan disajikan dengan kuah kental berwarna merah.


    Tteokbokki adalah salah satu snack favorit masyarakat Korea, bahkan menu ini terpilih sebagai comfort food terbaik selama pandemi!


    Bagi kamu yang tidak suka dengan makanan pedas, ini saatnya untuk mencoba inovasi terbaru mereka: rose tteokbokki.

    Menu tteokbokki tersebut tetap terbuat dari gochujang (pasta cabai merah Korea), sedikit gochugaru (bubuk cabai Korea), dan tambahan heavy cream juga susu. Rose tteokbokki memiliki rasa yang gurih dan creamy! Di samping tteokbokki, warga Korea juga suka memasak menu saus rose lainnya menjadi pasta atau saus donkasseu.





    2. Croffle

    Apa jadinya kalau kamu memanggang croissant menggunakan waffle maker? Maka itulah croffle

    Menu pastry ini mulai terkenal di Korea Selatan sejak tahun 2020 dan masih menjadi favorit banyak orang sampai sekarang. Croffle dijual di sejumlah kedai street food dan coffee shop di Korea dengan pilihan rasa manis dan gurih.

    Kamu juga bisa membuat sendiri croffle di rumah: cukup panggang croissant siap saji (atau kamu juga bisa membuat adonannya sendiri) lalu press menggunakan waffle maker. Tambahkan buah-buahan, es krim, ham, dan keju, atau apapun yang kamu suka, and voila--- bayangkan kamu sedang berada di sebuah kafe aesthetic Korea Selatan *wink*





    3. Jelly

    Para warga Korea juga sangat menyukai jelly: dari mulai yang berbentuk beruang imut sampai yang asam dan panjang. Kamu bisa mudah menemukan jelly sebagai snack di negeri gingseng tersebut.



    Namun akhir-akhir ini ada tren jelly terbaru yang kami lihat di TikTok! Di antaranya Trolli Blue Planet dan Trolli Glotzers yang one of a kind.

    Ada juga jelly berbentuk buah yang bisa kamu temukan di supermarket (dan mengingatkan pada dessert masa kecil kita!), lengkap dengan cara makannya yang unik.





    4. Mint chocolate

    Memang tidak semua orang di Korea suka dengan rasa mint chocolate. Tapi bagi penggemar rasa satu ini mereka menamai dirinya minchodan atau pasukan mint chocolate!

    Selama ini kita tahu es krim rasa mint chocolate, tetapi apakah kamu pernah mendengar soal mint chocolate latte? Atau mint chocolate soju?

    Yang lebih mengejutkan, ada juga ayam goreng berlapis rasa mint chocolate!


    Dan tren mint chocolate tidak berhenti sampai di situ saja: The Korea Herald melaporkan Starbucks Korea sukses menjual lebih dari 500.000 cups minuman Mint Chocolate Blended Drink mereka dalam kurun waktu 2 minggu saja! 

    Meski beberapa pembaca akan mengangkat alis dengan tren makanan satu ini, tetapi kita jadi sungguh penasaran untuk ikut mencobanya kan?







    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Image: Dok. Instagram @kololoramen,@imy0k012o2)