Lifestyle

Dengarkan! Lagu “Gemilang Khatulistiwa” Tentang Indahnya Indonesia

  by: Givania Diwiya Citta       15/8/2021
  • Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 sudah amat dekat, girls! Apakah kamu sudah terkena demam euforia 17 Agustus? ‘Cause Cosmo can feel the thrills! Apalagi ketika mendengarkan lagu berjudul Gemilang Khatulistiwa yang belum lama ini dirilis oleh komposer muda Indonesia, Wishnu Dewanta, dan dinyanyikan oleh penyanyi soprano muda kebanggaan tanah air yang mengukir prestasi di Amerika Serikat, Pepita Salim. Oke, kalau kamu belum sempat mendengarnya, please do yourself a favor:





    Turut dibawakan oleh Budapest Scoring Orchestra, kita dapat mendengar betapa banyak unsur budaya Indonesia yang dikemas dalam lagu. Yup, Wishnu memadukan berbagai motif musik tradisional Indonesia ke dalam aransemen orkestra secara apik. Simak saja ada suara akordeon khas musik Melayu, suling dan saluang khas musik Jawa Barat dan Sumatra Barat, sampai suara sape instrumen tradisional khas Kalimantan dalam komposisi lagu. Tak hanya memperkaya musik, ragam perkusi nusantara ini pun menjadi wujud dari cerita kegemilangan Indonesia seperti yang dituturkan dalam lirik.



    Persis seperti yang Wishnu ungkapkan, “Gemilang Khatulistiwa menceritakan tentang keindahan alam yang melimpah serta keragaman budaya yang dimiliki Indonesia. Saya ingin mengingatkan kembali betapa bersyukurnya kita memiliki 17.000 pulau, 1340 suku, dan 742 bahasa daerah.” Cosmo couldn’t agree more! Wishnu pun melayangkan harapannya bahwa dengan lagu ini, semoga bisa menjadi instrumen untuk mempersatukan dan menguatkan kerukunan bangsa Indonesia, serta membuat masyarakat semakin mengapresiasi dan menjaga warisan budaya tanah air.




    Ah, Cosmo bangga dengan karya anak bangsa ini. Dengarkan pula Gemilang Khatulistiwa di Spotify, Apple Music, dan berbagai platform streaming lainnya. Selamat Hari Merdeka!


    (Givania Diwiya / FT / Images: Dok. Instagram.com @pepitasalim @wishnudewanta)