Lifestyle

12 Rekomendasi Webtoon Indonesia Favorit Cosmo

  by: Nadhifa Arundati       16/8/2021
  • Webtoon memang enggak ada habisnya – jenis komik beragam, menyuguhkan hiburan mulai dari genre drama, komedi, horor, fantasi, action, dan lainnya. Tak heran juga, banyak kreator dari Indonesia yang berkarya dan menghasilkan sajian cerita komik menarik (terlalu banyak webtoon Indonesia yang bagus untuk disebutkan satu per-satu!). Tetapi tenang, girls, Cosmo sudah merangkum kok, ada 12 rekomendasi webtoon Indonesia favorit Cosmo yang wajib kamu baca. Let’s go!


    1. Terlalu Tampan (Mas Okis / S.M.S)




    Komik ini bikin kita geleng-geleng kepala karena kelakuakan aneh dari keluarga Mas Kulin. Adik, ayah dan ibunya, semua punya wajah tampan, jadi tak heran kalau mereka dijuki sebagai keluarga Terlalu Tampan, bahkan karakter Mas Kulin selalu menggunakan helm saat berpergian, agar ketampanannya tidak memabukkan para wanita. Ceritanya ringan dan sangat menghibur, serta hanya memiliki 103 chapter – Cosmo jamin kamu bisa menyelesaikan komik ini hanya dalam sehari! Fact: 'Terlalu Tampan' sudah ada versi filmnya yang rilis pada tahun 2019 lalu. Diperankan oleh Ari Irham, Tarra Budiman, Marcellino, Iis Dahlia dan masih banyak lagi. Sejujurnya, film Terlalu Tampan cukup berhasil merealisasikan kehidupan Mas Kulin, porsi komedinya juga setara.



    2. Tahilalats (Tahilalats Team)


    'Tahilalats' merupakan komik strip ber-genre komedi, yang memiliki warna tersendiri, dimana sang penulis, Nurfadli Mursyid, selalu menyelipkan sarkasme di dalam kekonyolan cerita. Beberapa komik karya 'Tahilalats' sering pula kita temui sebagai meme, salah satunya pun pernah viral di Tiktok! Ekspresi setiap karakter digambarkan secara tidak realistis, dan disitu-lah titik menghiburnya.


    3. Virgo and the Sparklings (Annisa Nisfihani / Ellie Goh)


    Calling out to all superhero-fans! 'Virgo and the Sparklings' mengisahkan tentang remaja bernama Riani, yang memiliki kemampuan unik, yakni dapat melihat warna dari setiap suara – seperti warna suara hujan, warna suara penyanyi, pokoknya, hidup Riani tuh sangat berwarna, sampai membuatnya merasa minder dengan kekuatan yang Ia miliki. Komik produksi Bumi Langit ini sudah mencapai season 3 (saat ini masih dalam status on-going). Kalau kamu suka karakter komik yang kuat dan imut, 'Virgo and the Sparklings'-lah jawabannya.


    4. Gundala: Son Of Lightning (BumilangitOfficial)


    Bumi Langit Komik juga memproduksi 'Gundala: Son Of Lightning', woohoo! Komik ini muncul tepat sebelum film Gundala rilis – jadi kita dihidangkan lewat versi komik dahulu, tentang kekuatan yang dimiliki oleh Gundala. Meski dari versi komik dan film tentu punya alur cerita yang berbeda. Untuk webtoon ini, Gundala: Son Of Lightning hanya menyajikan 12 episode, meski singkat, tetapi isi cerita dikaji secara tepat.


    5. Sri Asih (Archie The RedCat / Devita Krisanti)


    Yes, another Bumi Langit Komik! Komik ini menceritakan tentang Alana, perempuan yang punya kemampuan indigo alias bisa melihat sosok ghaib. Namun dari kekuatannya ini, Alana jadi punya superpower yang dijuluki sebagai dewi sakti. Menarik banget kan? Cosmo pun sangat mengikuti komik ini, sampai episode ke-50 (saat ini komik masih hiatus, sebagai persiapan season selanjutnya). Tak hanya tentang kekuatan super, kita bisa menemukan kisah cinta yang tak kalah seru. Komik ini benar-benar definsi dari #girlpower!


    6. CODE HELIX (Nikki Dibya Wardhana / Bryan Arfiandy)


    Kalau kamu suka serial 'Mr. Robots', tandanya kamu cocok baca webtoon 'CODE HELIX' – tentang anak SMA bernama Rendra, yang jago banget dengan dunia teknologi – lebih spesifik, jago hacking. Banyak sekali problematika remaja SMA yang digambarkan oleh 'CODE HELIX', dimana karakter Rendra ini ingin memberikan sedikit ‘sentilan’ bagi ketidakadilan yang terjadi di sekolahnya. But well, sudah pasti hal tersebut memicu banyak konflik. Komik ini sangat membuat kita tegang, serasa seperti membaca kisah pemberantas kriminal kelas atas, padahal mereka cuma anak SMA – ilustrasinya juga tak kalah menarik. Langsung saja baca, karena 'CODE HELIX' hanya menyajikan 51 episode kok.


    7. 90 Days (Bekyu)


    Kehidupan kuliah itu penuh dengan lika-liku, sama halnya dengan cerita di '90 Days', tentang karakter bernama Riri, seorang mahasiswi tingkat dua yang punya kesempatan hidup hanya tinggal 90 hari… Di komik '90 Days', ada banyak sekali pesan sederhana yang membuat kita sadar kalau hidup itu adalah sebuah anugerah. Komik ini sudah tamat dan jumlahnya ada 139 episode, worth to read.


    8. BLUE (Kennsaty)


    Ingat film 'Ghost' (1990), yang diperankan oleh Demi Moore? Ya, komik 'BLUE' punya vibes serupa – manusia yang jatuh cinta dengan makhluk halus. As so you know, komik ini tentu punya kisah yang jauh berbeda dengan film 'Ghost' (1990), kalau Cosmo boleh jujur, komik ini ibarat mengandung: 80% bawang dan 20% tawa, alias banyak sedihnya! Bahkan kamu tak akan bisa menerka ending dari komik 'BLUE', benar-benar out of mind, berhasil bikin para pembaca jaw-dropping. Singkat kata, kamu wajib baca komik 'BLUE'.


    9. Bingkai Titik (Gabriel Pt Dedi)


    Komik tak harus mengandung banyak dialog untuk menggugah ketertarikan para pembaca, nyatanya, silent comic juga mampu memberi kita sentimen melalui visual. Seperti komik 'Bingkai Titik' – pesan disampaikan secara non-verbal dengan penggambaran emosi yang sangat kuat, berhasil bikin pembaca jadi patah hati dengan kisah keluarga ‘tanpa nama’ ini. Best silent comic goes to this!




    10. Riot_404 (Tim Riot)


    Komik ini tuh seperti 'Black Mirror' versi Indonesia – dimana manusia telah menjadi ‘budak’ teknologi. Ber-genre science-fiction, komik 'Riot_404' banyak mempotret kisah pahit dari kehidupan namun dengan sentuhan futuristik dan hanya dikaji dalam 40 episode. Mungkin kita sering merasa bosan dengan kisah happy ending… Well, this one hits different.


    11. Curious Date (telormatasappi)


    Ah, classic love story. Tetapi tunggu dahulu, karena 'Curious Date' bukan sekadar cinta-cintaan biasa, melainkan Orlin (karakter utamanya) yang berusaha keras untuk memberantas rumor tentang pria yang Ia kagumi, Bily. Kabarnya, Bily adalah simpanan… ehmSugar Daddy. Orlin, si perempuan 'denial', masih terus maju untuk menemukan kebenaran. Melihat orientasi seksual masih menjadi perbincangan yang tabu di Indonesia, hal ini membuat Cosmo jadi tertarik untuk membaca 'Curious Date'. Untuk kisah selanjutnya, kamu bisa langsung baca sendiri, girls!


    12. 10PM (Arvidan)


    This horror-comic is legit scary. Pasalnya, ada banyak penggambaran hantu yang sangat relate dengan kisah mistis di Indonesia. Komik karya Arvidan ini mengisahkan tentang sebuah penyiaran radio misterius, yang mampu mengambil energi setiap pendengarnya, dimana hal tersebut memicu karakter Viska dan Arvino untuk memberantas para hantu yang menjadi sumber masalah. Visual dan suara yang ditampilkan menjadi dua komponen yang bikin jantung pembaca berdegup kencang (webtoon ini mengandung suara dalam beberapa episode, memperkuat adegan jumpscare di setiap panel). Tetapi sisi menariknya, komik '10 PM' memperkenalkan kita dengan beberapa legenda mistis milik Indonesia. Pesan Cosmo: better baca komik ini bersama teman, supaya kamu enggak kaget sendirian.


    (Nadhifa Arundati / Image: Dok. Instagram @kennsaty)