Beauty

6 Cara Mengeringkan Rambut Lebih Cepat Tanpa Menggunakan Blow Dryer

  by: Astriana Gemiati       30/8/2021
  • Apakah kamu termasuk yang sering menandai hari mencuci rambut di kalender? Yup, Cosmo pun juga seperti itu. Sebab, sejujurnya, karena dibutuhkan waktu yang lama dan pengingat untuk bangun lebih cepat, hanya agar ritual ini tidak menghabiskan seluruh hari waktu kita. Dan, meskipun mencuci rambut bukanlah hal yang mudah, begitu juga dengan bagian pengeringan yang sering terjadi—apalagi kamu yang memiliki jenis rambut keriting, atau frizzy hair.


    Tetapi bagaimana jika Cosmo memberi tahu kamu bahwa kami memiliki beberapa trik— yaitu trik yang dapat mengurangi proses memakan waktu hampir setengahnya? Yup, kamu mendengarnya dengan benar. Cosmo menghubungi dua ahli perawatan rambut yang menjelaskan cara-cara super cerdas bagaimana membuat rambut kamu lebih cepat kering (itu juga tanpa pengering rambut!) Jadi, jika kamu salah satu dari kami pejuang rambut, coba perhatikan!




    Serap kelebihan air dengan t-shirt atau saputangan

    Menggunakan handuk menjadi turban? Been there, sis! Coba pilih kaos katun sebagai gantinya. Dr Stuti Khare Shukla, Hair Growth Queen of India mengatakan, "Mereka lebih lembut dan lebih menyerap dan tidak akan menyebabkan gesekan atau kerusakan. Namun, jika kamu tidak memiliki t-shirt katun sederhana (girls, kamu harus memperbarui lemari pakaian ASAP), peras saputangan dapur. Bahannya lembut dan menyerap dan dapat mengekstraksi jumlah air yang mengesankan dari rambut kamu juga."



    Kondisioner dan sisir 

    Kondisioner tidak hanya melembapkan rambut kamu, tetapi juga mempercepat proses pengeringan. Setiap helai rambut dilapisi dengan silikon, yang menyegelnya dan menolak air. Kamu akan melihat perbedaannya jika kamu memiliki sisir bergigi lebar di kamar mandi, yang membantu mempercepat pengeringan partikel. Selalu sisir sebelum mengaplikasikan kondisioner untuk memastikan aplikasi merata," saran Audrey D'Souza, Hair Lead Educator, Lakmé Salon.



    Pilih sisir rambut yang tepat

    Jika kamu adalah orang yang suka mengeringkan rambut sepanjang hari, pastikan kamu menggunakan sisir yang tepat untuk pekerjaan ini. "Untuk mengeringkan rambut kamu secepat mungkin, gunakan sisir bundar berventilasi keramik atau sisir datar termal yang memungkinkan udara mengalir masuk dan membantu mengeringkan helaian rambut kamu lebih cepat. Selain itu, pastikan pengering rambut kamu mengarah ke bawah," tambah D'Souza.


    Matikan Panasnya

    Sudahkah kamu mengatur panas pengering rambut pada suhu tertinggi saat kamu keluar dari kamar mandi? Salah. Menurut Dr Shukla, hal itu akan membuat rambut kamu mudah gosong. Oleh karena itu, penting untuk mengoleskan serum atau semprotan heat protectant terlebih dahulu. "Sebaiknya, gunakan ionic hydryer. Ion negatif dapat membantu mengeringkan rambut lebih cepat dengan mengurangi listrik statis dan memecah molekul air."




    Audrey menambahkan, "Teknik terbaik adalah mengandalkan kombinasi blow-drying dan air drying. Sebelum kamu meraih pengering rambut, tunggu selama mungkin setelah mencuci rambut. Teknik sederhana ini mengeringkan rambut kamu, hanya membutuhkan sentuhan cepat dengan blow dryer. Selain itu, helai rambut yang sudah dikeringkan ini relatif lebih mudah untuk ditata dan dibentuk saat mengeringkan karena memiliki cengkeraman yang lebih erat."


    Jauhkan handuk

    Berlawanan dengan kepercayaan umum, handuk tidak benar-benar membantu mengeringkan rambut. "Sebaliknya, ini dapat menyebabkan kerusakan rambut karena gesekan berlebihan yang disebabkan. Atau, kamu bisa menggunakan handuk lembut dengan serat mikro. Tekstur lembut menyerap air dua kali lipat dan tidak berakhir menyebabkan banyak gesekan atau kerusakan," jelas Dr. Stuti.



    Pilih produk yang tepat

    "Gunakan produk penata rambut khusus yang mempersingkat waktu pengeringan hingga setengahnya, sekaligus menimbulkan kerusakan minimal pada struktur rambut kamu. TIGI Bed Head After Party Smoothening Cream bekerja dengan baik karena dilengkapi dengan kondisioner ringan dan diformulasikan dengan anti- frizz complex yang mengurangi waktu pengeringan, bantu membuat rambut kamu terasa lembut, halus, dan sehat," menginformasikan D'Souza.





    Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: [email protected], [email protected], [email protected])