Better You

Fakta Minuman Kolagen yang Wajib Diketahui

  by: Alexander Kusumapradja       30/8/2021
  • Mungkin sudah banyak yang tahu manfaat kolagen yang dipercaya bisa mencegah penuaan dini pada kulit, baik kolagen yang diproduksi alami di dalam tubuh maupun asupan kolagen yang terdapat pada kandungan produk kecantikan. Namun, bagaimana dengan kolagen yang dikonsumsi langsung?

    Yup, belakangan ini collagen water alias minuman kolagen semakin mudah ditemukan sebagai minuman suplemen. Ada yang berbentuk bubuk ada juga yang bisa langsung diminum. Rentang harga dan varian rasanya pun cukup beragam, namun semuanya rata-rata mengklaim kalau mereka punya manfaat untuk kesehatan kulit kita. Tapi apa benar? Simak pembahasannya di bawah yuk, babes!




    (Image: Dok. Instagram @nekterjuicebar)



    Apa sih sebetulnya collagen water?

    Collagen water pada dasarnya adalah produk minuman dengan kandungan kolagen sebagai salah satu bahan bakunya beserta mineral atau vitamin pelengkap lainnya. Kolagen sendiri adalah protein perekat yang secara alami dihasilkan tubuh kita untuk membantu proses regenerasi jaringan kulit, rambut, tulang, otot, hingga saraf. Sayangnya, produksi kolagen tubuh juga terbatas dan semakin bertambahnya usia (terutama setelah menginjak umur 30 tahun), jumlah kolagen yang diproduksi alami juga semakin berkurang dan akibatnya proses regenerasi juga melambat sehingga kita mengalami keriput, ngilu sendi, dan kulit yang kering dan kendor.

    Itu sebabnya asupan suplemen kolagen dipercaya dapat membantu pasokan kolagen alami di tubuh kita, termasuk collagen water yang makin populer setelah selebriti seperti Kourtney Kardashian dan Jennifer Aniston berkolaborasi dengan beberapa brand suplemen untuk mempopulerkan collagen water ke masyarakat. Menurut riset yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Dermatology tahun 2020, penggunaan kolagen pada makanan, minuman, dan industri kecantikan akan punya nilai lebih dari $6,6 miliar di tahun 2025 nanti.

    Tak selalu berbentuk cairan, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kolagen yang dijual di pasaran juga ada yang berbentuk serbuk atau tablet. Namun protein berupa cairan memang dianggap lebih efektif karena lebih mudah diproses tubuh.


    Tapi apa sih manfaatnya?

    Salah satu alasan utama kenapa orang jadi tertarik mengonsumsi air kolagen karena kolagen dipercaya membantu regenerasi kulit, membentuk massa otot, membuat kulit jadi lebih awet muda, hingga mempercepat penyembuhan luka. Dari segi minuman berprotein, air kolagen juga bisa membantu kita lebih segar saat berolahraga dan membuat kita tidak mudah lapar. Jadi kita bisa berolahraga lebih maksimal tanpa harus menahan perut yang mulai keroncongan.

    Tapi semua manfaat itu ternyata bergantung pada kebutuhan tubuh kita sendiri Cosmo babes. Menurut riset tahun 2020 yang dimuat di Journal of Drugs in Dermatology, kita memang bisa mendapat manfaat kesehatan dari mengonsumsi suplemen kolagen namun tubuh kita sendiri lah yang akan menentukan si kolagen ini bisa membantu aspek kesehatan yang mana dalam tubuh kita. Saat suplemen kolagen tercerna dalam usus, dia akan dipecah menjadi asam amino yang bisa diibaratkan “bahan bangunan” untuk memperbaiki atau regenerasi jaringan tubuh kita dan akan didistribusikan ke bagian tubuh yang paling membutuhkan. Kulit sendiri sebetulnya bukan termasuk prioritas dari distribusi kolagen yang difokuskan pada organ vital seperti jantung, perut, dan otak.

    (Image: Dok. Instagram @drinkgldnhour)




    Ada risikonya tidak?

    Secara umum, meminum air kolagen tak berbahaya bagi tubuh. Namun kita tetap harus memilih brand mana yang tepat untuk kita. Beberapa brand air kolagen mengandung gula sebagai tambahan rasa yang mungkin ingin kamu hindari. Bila kamu vegan atau vegetarian, kamu juga harus lebih cermat karena banyak air kolagen menggunakan bahan kolagen yang bersumber dari hewan. Walau ada juga pilihan kolagen yang berasal dari sumber nabati, tapi kalau sebuah produk dimaksudkan untuk dikonsumsi lewat mulut, biasanya kolagen yang dipakai memang berasal dari hewani kecuali disebutkan dengan jelas di kemasan dan daftar komposisinya. Orang yang punya risiko gagal ginjal juga harus menghindari konsumsi protein yang berlebihan, begitu pun dengan kondisi kesehatan lain yang mungkin memang sebaiknya dikonsultasikan lebih dahulu ke dokter sebelum rutin mengonsumsi air kolagen.

    Dan yang paling utama, jangan jadikan air kolagen sebagai pengganti air putih biasa ya Cosmo babes, karena ingat semua yang berlebihan cenderung tak baik untuk kita.


    Kapan sebaiknya kita meminumnya?

    Well, karena produk air kolagen banyak yang tersedia dalam kemasan siap minum, kita bisa meminumnya kapan saja tapi sebaiknya disesuaikan dengan pola hidup kita. Ada beberapa yang lebih suka minum collagen water di pagi hari karena mereka merasa mendapat energi tambahan untuk memulai aktivitas, namun sebagian orang ada juga yang lebih suka meminumnya justru di malam hari agar tidur mereka lebih lelap dan membantu proses regenerasi saat kita tidur.


    Jadi perlu tidak sih kita mengonsumsi minuman kolagen?

    Yang perlu digarisbawahi, minuman kolagen berfungsi sebagai suplemen dan tidak untuk menggantikan air putih biasa dalam gaya hidup kita. Minum collagen water secara umum sebetulnya boleh-boleh saja dalam kadar yang tidak berlebihan, namun jangan menganggapnya sebagai minuman ajaib yang bisa membuatmu awet muda seketika. Yang paling utama untuk menjaga kesehatan tubuh secara prima adalah menjalani pola hidup sehat dengan rutin berolahraga, menjaga tubuh tetap terhidrasi, cukup tidur, dan menjaga level stres kita. Dan jangan lupa untuk menjaga pola makan seimbang dengan mendapatkan vitamin dan mineral alami dari buah, sayur, dan biji-bijian.


    (Alexander Kusumapradja / Image: Dylan Alcock on Unsplash)