Lifestyle

Bongkar Rahasia Gemerlap Dunia Hiburan Bersama Shanty

  by: Redaksi       12/9/2011
  • 12 September 2011 - Lama tidak terdengar namanya di dunia hiburan tanah air, Shanty membuat kejutan dengan meluncurkan buku berjudul Bongkar Rahasia Bagi Cerita. “Buku tersebut bukanlah biografi tentang saya, buku ini berisi tentang rahasia-rahasia di balik dunia hiburan,” jelas Shanty saat bertemu dengan Cosmo di kantor E-Motion Entertainment, Jakarta.

    Selama ini, yang tampak di hadapan masyarakat hanyalah gemerlap dunia artis yang syarat dengan kesenangan. Padahal di balik semua itu ada jatuh bangun, kesulitan, kompetisi dan berbagai intrik dalam dunia selebriti,” lanjut penyanyi berusia 32 tahun tersebut. Shanty menjelaskan bahwa dia cukup beruntung karena pernah merasakan berbagai hal-hal tersebut, sehingga punya banyak pengalaman yang bisa dibagi kepada masyarakat. “Sayang jika hanya menjadi memori di otak saya sendiri, padahal banyak dari pengalaman itu bisa berguna untuk orang lain,” ujar Shanty.

    Shanty mengutarakan, halangan utama pembuatan buku ini adalah harus jujur. “Salah satu tujuan dari pembuatan buku artis adalah untuk menaikkan image dari artis itu sendiri. Sedangkan saya merasa sudah lama tidak berada di dunia itu, sehingga saya tidak butuh buku ini untuk memaniskan image saya,” jelas Shanty. Berbagai kisah yang tidak diketahui masyarakat umum, Shanty coba ceritakan dalam buku ini. Sebut saja mulai dari masalah management, hingga saat Shanty pernah dicekal salah satu produser di TV. “Salah satu chapter yang paling saya sukai dalam buku ini adalah chapter Show Must Go On. Karena berkaitan dengan prinsip utama dalam dunia entertainment. Whatever happens jika sudah tanda tangan kontrak maka show must go on.“



    Menurut Shanty, tujuan dari pembuatan buku ini sangat konstruktif. “Saya melihat animo masyarakat untuk menjadi artis itu besar sekali, mereka semua berpikir jadi artis itu gampang dan enak,” jelas Shanty. Padahal menurutnya, hal tersebut sangat berbeda dengan pengalaman yang dilalui selama 14 tahun di dunia entertainment. “Jika memasuki dunia keartisan akan menghadapi berbagai rintangan, saya sendiri sering dijebak berbagai penipuan.” Sehingga dengan diterbitkannya buku ini, Shanty berharap buku tersebut dapat menjadi guide book untuk orang yang ingin menjadi artis.



    Dalam proses pembuatannya, Shanty melakukan depth interview dengan berbagai orang yang credible untuk berbagi pengalaman di bidangnya masing-masing. Sebut saja misalnya, untuk urusan stage act, Shanty menghubungi Ari Tulang untuk berbagi pengalamannya. Sehingga buku ini bukan hanya dari pengalaman Shanty semata, namun kumpulan berbagai cerita di balik dunia entertainment. Ditambah lagi kolaborasinya dengan Ve Handojo, penulis skenario sebagai co-writer untuk mengeksplor berbagai ide secara maksimal, serta gaya penulisan dari Shanty yang enak dibaca --seperti bertutur cerita--, membuat buku Bongkar Rahasia Bagi Cerita. sangat menarik untuk Anda yang ingin melihat sudut lain dunia entertainment. Congrats for the book, Shanty! (Calvin Hidayat/DI/Gambar: dok Cosmo)