Lifestyle

Nikmatnya Citarasa Kopi Luwak di La Tazza

  by: RedaksiCosmopolitan       14/9/2011
  • Untuk Anda pencinta kopi, sepertinya belum lengkap bila belum merasakan sensasi kenikmatan dari kopi luwak. Dan menurut Cosmo, salah satu tempat terbaik untuk menikmati kopi premium nan legendaris tersebut adalah kafe La Tazza yang bertempat di Electronic City, SCBD, Jakarta Selatan.

    Di La Tazza, Anda bisa menikmati berbagai pilihan kopi luwak yang berasal dari Aceh, Padang, Toraja, Mandailing atau Flores. Selain kopi luwak, ada juga pilihan kopi robusta, untuk Anda yang menyukai kopi dengan kandungan kafein tinggi, lebih kental dan rasanya tidak begitu asam. Sedangkan jika menginginkan cita rasa yang lebih manis, agak asam, kafein rendah dan aromanya lebih harum, Anda bisa memilih jenis Arabica.



    Adapun range harga secangkir kopi luwak yang ditawarkan La Tazza adalah seharga Rp. 95.000,-, sedangkan untuk 100 gram seharga Rp. 365.000,-. Menurut Kasmito T., seorang Coffee Expert, untuk menikmati citarasa dari kopi luwak secara maksimal, sebaiknya diminum tanpa menggunakan gula. “Kopi yang baik memiliki rasa manis alami, karena memiliki kandungan gula di dalamnya,” jelas Kasmito. Sedangkan untuk rasa asam dalam kopi, Kasmito menjelaskan bahwa hal itu angat wajar dirasakan, karena kopi memiliki kandungan citarasa asam seperti yang terdapat dalam buah.



    Namun dalam memilih kopi luwak dengan kualitas terbaik, Anda harus ekstra waspada. Karena sejumlah tempat menjual biji kopi yang bukan berasal dari kotoran hewan luwak dari alam bebas, melainkan produksi luwak dalam kandang. Padahal kopi luwak sebenarnya memiliki rasa yang spesial, bukan hanya karena fermentasi alami oleh kandungan enzim dalam perut luwak, melainkan karena selera luwak yang sangat tinggi dalam memilih buah kopi yang nantinya akan dikeluarkan melalui kotorannya.


    “Luwak liar secara insting hanya akan memakan kopi terbaik yang sudah matang. Karena itu, rasa dari kopi luwak cenderung lebih manis,” jelas Heri Setiadi, General Manager dari La Tazza. (Calvin Hidayat/DI/Image: dok. Cosmopolitan)