Better You

Hal-hal “Kecil” (Ternyata) Dapat Menjauhkan Anda dari Promosi!

  by: Redaksi       26/9/2011
  • Untuk meraih promosi, tak jarang kompetisi dengan rekan kerja dilakukan dengan berusaha membuat kesan baik di depan bos. Namun tahukah Anda, saat bos Anda memutuskan siapa yang mendapatkan promosi jabatan atau kenaikan gaji, ternyata hal tersebut berkaitan dengan kebiasaan-kebiasaan kecil yang mungkin Anda anggap remeh!

    “Kebiasaan kecil yang menurut bos Anda dirasa tidak cocok dengan citra perusahaan, dapat mencegah Anda mendapatkan promosi,” jelas Career Expert Alexandra Levit, penulis Blind Spots: The Top 10 Business Myths You Can’t Afford to Believe on Your New Path to Success.

    Tentu saja Anda tahu bahwa penting untuk datang tepat waktu, menyelesaikan tugas sesuai deadline, dan berpakaian layak sesuai profesi dan citra perusahaan. Namun ternyata ada beberapa hal mengejutkan yang turut memengaruhi, seperti terungkap oleh survei CareerBuilder.com yang melibatkan 3000 manager berikut ini. Anda mungkin tak menduganya!

    Tato yang Tidak Disukai

    Memang ada beberapa kantor yang tidak bermasalah dengan pegawai bertato, namun sayangnya mayoritas kantor tidak berpikiran seperti itu. “Tato dapat menjadi pesan bahwa Anda tidak dewasa dan meledak-ledak, bahkan di saat Anda sebenarnya seorang staf yang dapat diandalkan,” jelas Levit. Mungkin Anda kemudian melakukan protes dan bertanya, apa hubungannya tato dengan performa kerja? Well, Levit menjelaskan bahwa mendapatkan promosi berarti Anda harus meningkatkan interaksi dengan klien, dan banyak orang konservatif yang tidak menyukai tato.



    So, jika bos Anda sudah terlanjur mengetahui letak tato Anda, mulailah dengan menutupinya saat bertemu dengan klien. Dengan begitu, Anda menunjukkan bahwa Anda menghargai pendapat mereka yang tidak menyukai tato. Sehingga bos akan menganggap Anda adalah seorang profesional, yang siap mewakili citra perusahaan.

    Bau Mulut yang Menganggu

    Jika Anda termasuk orang yang harus mengawali pagi dengan kopi, maka Anda harus berhati-hati karena tak jarang usai minum kopi, lidah terasa asam, dan mulut memancarkan bau khas kopi yang kurang sedap. “Jika mulut Anda sering mengeluarkan aroma, bos Anda akan berpikir ulang untuk mengirimkan Anda berinteraksi dengan klien,” jelas Career Counselor Martin Yate, penulis Knock ‘Em Dead: Secrets and Strategies for Success in an Uncertain World.



    Untuk itu, atasi bau mulut dengan mengunyah permen mint setelah meneguk minuman dengan kandungan gula tinggi yang berpotensi membuat mulut berbau tidak sedap. Jangan lupa juga untuk menelan satu permen mint lagi saat makan siang. Siapa sangka, nafas yang harum akan membuat perkembangan karier Anda ikut harum!

    Anda Membutuhkan Perawatan Kuku

    Cosmo tidak memaksa Anda untuk melakukan manicure seminggu dua kali. Tetapi Anda harus tahu, bahwa bentuk kuku yang tidak rapi akan membuat orang beranggapan, Anda memiliki hobi menggigit kuku (bahkan di saat Anda sebenarnya tidak). Menggigit kuku merupakan kebiasaan buruk yang disebabkan oleh stres, kecemasan dan kebosanan. “Hal ini dapat membuat bos Anda berpikir bahwa Anda adalah seorang yang gugup dan belum layak mendapatkan tanggung jawab yang lebih besar,” jelas Marc Dorio, penulis The Complete Idiot’s Guide to Career Advancement.

    Dalam hal ini, tidak dimungkiri bahwa penampilan menjadi salah satu faktor penting dalam kemajuan karier. Untuk itu, simpanlah gunting kuku dalam laci meja Anda sehingga saat bentuk kuku Anda mulai berantakan, Anda dapat memperbaikinya sebelum meeting bersama dengan klien dimulai. (Calvin Hidayat/DI/Gambar: dok. Google)