Lifestyle

Menjadi Wanita yang Paham Informasi tentang Kontrasepsi

  by: Redaksi       29/9/2011
  • Dalam rangka memperingati Hari Kontrasepsi Dunia 2011 yang diperingati setiap tanggal 26 September, APCOC, Bayer Health Care, PKBI, BKKBN, IDI dan IBI menggelar seminar bertajuk “Live Your Life, Know Your Rights, Learn About Contraception”, di Hotel Sahid, Jakarta.

    Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas informasi yang benar mengenai kontrasepsi. Satu hal yang paling menarik dalam acara tersebut adalah pengumuman hasil survei yang cukup mengejutkan. Survei yang diikuti oleh 9 negara dengan total 1800 responden dan 200 responden di antaranya adalah orang Indonesia, mendapatkan hasil bahwa ternyata satu di antara tiga orang Asia, mendapatkan informasi yang salah mengenai kontrasepsi.

    “Hasil survei yang dilakukan secara online di sejumlah negara termasuk Indonesia, dapat terlihat bahwa masyarakat masih memiliki kesulitan untuk memperoleh informasi yang akurat dan berimbang terhadap kontrasepsi,” jelas Prof. Dr. dr. Biran Affandi, SpOG. Adapun yang dimaksud dengan pengertian akurat adalah bahwa informasi mengenai kontrasepsi didasari oleh hasil penelitian yang telah dilakukan, sementara seimbang berarti tidak bias.



    Masih menurut survei, 4 sumber informasi pribadi kontrasepsi adalah ginekolog (umumnya wanita), pasangan, teman, dan dokter umum (umumnya pria). “Di Indonesia, jumlah responden pria dan wanita berimbang. Dan hampir 1⁄4 dari jumlah keseluruhan mengatakan memiliki kesulitan dalam memperoleh informasi yang valid. Selain itu, tiap 3 dari 100 wanita dan pria mendapatkan informasi yang salah dan tidak akurat. Di mana pada kebanyakan kasus, informasi datang dari internet dan teman. Namun kabar baiknya, hampir semua responden telah mengerti bahwa pemakaian kontrasepsi merupakan tanggungjawab bersama,” lanjut Biran.



    Akses untuk mendapatkan informasi seputar kontrasepsi yang akurat dan berimbang merupakan hal yang penting untuk menetapkan pilihan kontrasepsi yang tepat. Untuk itu, sebagai wanita Cosmo yang memiliki akses untuk mendapatkan informasi yang tepat seputar kontrasepsi, pastikan Anda menjadi sumber informasi yang memiliki pemahaman dan manfaat kontrasepsi dengan benar, ladies. (Calvin Hidayat/DI/Image: dok. Google)