Better You

Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Tidur

  by: Febrina       5/9/2012
  • Ladies, ternyata kebiasaan-kebiasaan yang kerap dilakukan saat tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Risiko yang menyertai beragam—mulai dari yang ringan hingga yang berat, dan untuk menghindarinya, simak penjelasan Cosmo di bawah ini...

    Membawa handphone
    Seseorang mungkin tidak bisa melepaskan gadget yang satu ini ketika bangun tidur hingga kembali tidur. Namun, sebaiknya Anda menjauhkan ponsel saat Anda tidur agar terhindar dari pancaran radiasi gelombang elektromagnetik. Terlalu sering terekspos gelombang ini bisa merusak sistem syaraf Anda lho.

    Tidur menyamping
    Tidur hanya pada satu sisi saja memberikan efek yang buruk bagi kesehatan kulit Anda, terutama kulit pada sisi wajah yang menempel ke bantal. Kebiasaan Anda berganti posisi saat tidur akan menekan dan menggesek kulit sehingga bisa mengakibatkan kerusakan pada jaringan kulit. Posisi tidur yang baik adalah dengan posisi badan telentang.



    Mengenakan bra
    Ini kebiasaan yang paling umum dilakukan oleh para wanita: memakai bra pada saat tidur tak hanya akan menghambat peredaran darah, tapi juga meningkatkan ancaman terkena kanker payudara! Ilmuwan Sydney Singer dan istrinya, Soma Grismaijer, pada 1991 pernah menulis dalam bukunya, Dressed To Kill: The Link Between Breast Cancer and Bras, bahwa wanita yang ingin menghindari kanker payudara harus mengenakan bra dalam waktu sesingkat mungkin dan sebaiknya kurang dari 12 jam per hari. Memakai bra terlalu lama dapat meningkatkan suhu jaringan payudara dan melonjakkan kadar hormon prolaktin (hormon yang berfungsi merangsang kelenjar air susu)—dua hal yang dapat memengaruhi pembentukan kanker payudara.



    Tidak menghapus makeup
    Membersihkan wajah sebelum tidur merupakan hal yang penting karena pada saat itulah kulit melakukan regenerasi. Namun proses ini akan terganggu dengan  adanya makeup yang menempel di wajah; kulit akan terlihat kusam apabila dibiarkan semalaman tanpa dibersihkan. So, jangan malas lagi mencuci wajah sebelum tidur ya! (Amanda Utari/SL/Image: Goodshoot/Thinkstock)