Love & Sex

Berbisnis Dengan Si Dia?

  by: Redaksi       7/9/2012
  • Jangan sampai rencana Anda membangun bisnis dengan si dia malah bikin hubungan yang awalnya baik-baik jadi didera masalah. Well, karena masalah finansial juga terhitung krusial dalam sebuah relationship, Anda perlu pahami aturan berikut agar urusan bisnis tak jadi batu sandungan di esok hari.

    Perjelas Posisi
    Meski Anda telah lama menjalin hubungan, tetap saja berlakukan bisnis seperti bisnis, bukan relationship yang selalu terbuka pada toleransi. Sejak awal, Anda perlu memisahkan yang mana urusan bisnis dan yang mana urusan asmara. Be like a professional, ladies!  Lakukan juga pembagian yang jelas untuk bagian masing-masing. Hal ini nantinya bisa menjadi pertimbangan untuk saling membagi profit dan masalah finansial lainnya.

    Keuangan Terpisah
    Dengan status Anda yang belum menikah, Cosmo menyarankan untuk mengelola keuangan Anda sendiri. Ini akan lebih baik untuk Anda. Bayangkan saja bila ternyata pasangan Anda membawa lari uang Anda, atau ternyata dia adalah tipe pria pemboros dan senang berbelanja. Knock on wood!



    Buat Perjanjian Tertulis
    Sekarang ataupun nanti, peluang keributan kecil pasti tetap saja terbuka lebar. Maka untuk keamanan nanti, sebaiknya buatlah surat perjanjian tertulis dari notaris. Memang prosesnya sedikit rumit dan membutuhkan biaya, tapi cara ini akan menolong Anda untuk menghindari kerugian yang lebih besar lagi nantinya.



    Diskusi bersama? PENTING!
    Ingat, Anda menjalankan semua ini berdua. Jadi jangan sampai ada satu pihak yang lebih mendominasi bisnis. Usahakan, bersikaplah transparan pada setiap hal yang terjadi. Dan temukan masalahnya terbaik dengan berdiskusi bersama si dia. Bila tak cukup, Anda bisa meminta opini dari keluarga dan teman terdekat. (Muhtar Rais/SW/Image: iStockphoto/Thinkstock)