Better You

Yes, I'm Your New Boss!

  by: Redaksi       12/9/2012
  • Setelah beberapa tahun meniti karier, akhirnya kabar baik itu datang juga, you've been promoted! Sah – sah saja kalau Anda merayakan keberhasilan tersebut. Tapi setelah berpesta, tentu Anda harus beradaptasi dengan jabatan baru. Ruang lingkup pekerjaan Anda sudah pasti lebih luas. Kalau dulu Anda menunggu instruksi dari atasan, kini giliran Anda yang memberikan instruksi. As a new boss, apa saja yang harus Anda lakukan? Simak tips Cosmo berikut :

    Membuat rencana kerja
    Saat Anda menduduki jabatan baru, Anda harus mulai membuat rencana kerja. Dimulai dari menentukan target – target yang perlu dicapai, timeline kerja, serta menunjuk staf yang akan menjalankan rencana kerja tersebut.

    Pelajari orang – orang  sekitar
    Anda harus cermat dalam mengidentifikasi siapa saja yang berpengaruh besar dalam pekerjaan Anda untuk membantu menjembatani Anda dengan atasan maupun dengan staf Anda.



    Observasi staf Anda
    Anda pun harus jeli dalam melihat kelebihan dan kekurangan para staf agar tugas yang Anda berikan nantinya ditangani oleh orang yang tepat.

    Jangan ragu mendelegasikan pekerjaan
    Sebagai atasan baru kemungkinan Anda masih sungkan untuk mendelegasikan pekerjaan kepada staf Anda. Tetapi jika Anda terus - terusan segan melakukannya, akhirnya Anda sendiri yang akan mengalami overloaded. Sebagai seorang pemimpin Anda harus mampu membuat keputusan tegas, termasuk membagi pekerjaan kepada para staf sesuai dengan porsinya.

    Konsisten dengan aturan
    As a leader, Anda berhak untuk membuat aturan. Tetapi ingat aturan yang Anda buat bukan trial and error. Anda harus konsisten dalam menerapkannya.



    Hindari over-supervising
    Tugas Anda sebagai atasan adalah mensupervisi pekerjaan para staf. Namun apabila setiap detail    pekerjaannya selalu Anda kontrol, mereka akan merasa tidak nyaman. Anda cukup memberikan tugas dan menetapkan kapan pekerjaan tersebut harus selesai.

    Beri pujian
    Kesuksesan Anda sangat tergantung dengan kinerja staf Anda. Dan, jangan ragu memberi pujian jika mereka melakukan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu. (Karmenita Ridwan/SW/Image:istockphoto/thinkstock)