Better You

Is Your Home “Poisoned” You?

  by: Febrina       17/9/2012
  • Sangat menakutkan jika membayangkan benda-benda di rumah yang kita kira aman ternyata mengandung sejumlah racun berbahaya yang selalu mengintai kesehatan. Bahkan diantaranya, dapat menimbulkan masalah kesuburan dan mengganggu kehamilan. Racun-racun ini akan mengubah rumah yang awalnya bagaikan surga menjadi nightmare yang tidak berhenti mengahantui. Untuk itu, mulailah untuk lebih aware terhadap apa saja yang ada di rumah Anda, dear! Terutama 5 hal yang Cosmo sebutkan berikut ini:

    Buah-buahan
    Berhati-hatilah ketika mengonsumsi buah-buahan segar yang biasa Anda konsumsi, ladies. Karena banyak buah-buahan ternyata mengandung pestisida yang dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Meskipun tak bisa sepenuhnya menghindari pestisida, tapi Anda dapat mengelak dari racun ini dengan cara mengontrol makanan yang dibeli, mencucinya sebelum diolah, atau dengan membeli daging, sayur, dan buah-buahan organik.

    Air keran
    Logam beracun berbahaya yang dapat mengakibatkan mual, sakit kepala, dan kram mendadak, biasanya terdapat pada makanan, cat dan produk perawatan pribadi Anda, dan juga air keran. Cosmo sarankan untuk segera memasang osmosis (RO) sistem pemurnian air terbalik di bawah wastafel dapur.



    Parfum dan Hairspray
    Senyawa organik volatile organic compounds (VOC) banyak terdapat pada hairspray, parfum, dan lilin beraroma. Menurut Environmental Protection Agency, efek buruk dari VOC adalah bisa menyebabkan iritasi tenggorokan, sakit kepala, mual, kerusakan pada hati, dan ginjal. So, Gunakan produk rendah VOC atau hindari menggunakan aerosol hairspray, serta pilih minyak esensial untuk pewangi daripada menggunakan lilin beraroma agar terhindar dari racun ini.



    Sampo dan Lotion
    Sampo dan lotion kebanyakan terbuat dari bahan pengawet kimia. And you know what, dear... zat-zat ini dapat menimbulkan resiko bagi sel-sel kulit Anda. Selain itu, ketika pengawet diserap ke dalam aliran darah, akan menjadi berbahaya ke seluruh tubuh. Maka dari itu, kurangi pengawet beracun dengan mengganti produk perawatan pribadi Anda dengan yang lebih alami atau yang bebas bahan pengawet.

    Cat kuku
    Cat kuku yang sering Anda gunakan ternyata mengandung bahan kimia yang biasa digunakan untuk membuat plastik lebih fleksibel atau untuk menjaga cat kuku menjadi lebih kaku, phthalates. Penelitian telah menunjukkan bahwa phthalates dapat menyebabkan kerusakan reproduksi, kerusakan organ, gangguan endokrin, bahkan kanker. Cara efektif untuk menghindari efek berbahaya dari zat ini adalah dengan menyingkirkan produk kecantikan yang mengandung phthalates atau  dengan mengurangi penggunaan wewangian dari parfum  penyegar udara. (Febrina/VP/Image:Wavebreak Media/ThinkStock)