Better You

Stay Fit with Swimming

  by: RedaksiCosmopolitan       21/9/2012
  • Setelah letih beraktivitas selama hampir satu minggu, kini saatnya Anda mengembalikan kebugaran tubuh dengan berolahraga. Jika sudah bosan ke gym atau melakukan olahraga kardio yang menguras keringat, mungkin berenang bisa jadi alternatif olahraga yang harus Anda coba minggu ini. Bukan hanya baik untuk pembentukan otot, berenang juga ternyata bisa mendatangkan banyak manfaat lho. Let's check this out!

    Meningkatkan Daya Tahan Jantung
    You know dear, gerakan mendorong dan menendang air dengan anggota tubuh terutama tangan dan kaki, dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Itu artinya berenang  sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Selain itu, olahraga air ini juga dapat dikategorikan sebagai latihan aerobik dalam air. Wow!

    Membakar Kalori
    Berenang akan sangat efektif bagi Anda yang sedang concern untuk menurunkan berat badan. Why? Karena mengingat kita akan menggunakan banyak sekali gerakan, maka secara otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi sangat tinggi, dengan begitu kalori yang terbakar juga akan lebih banyak.   



    Menstabilkan Emosi
    Secara psikologis, olahraga air ini juga dapat membuat hati tenang dan pikiran lebih santai. Gerakan-gerakan yang Anda lakukan pada saat berenang akan membuat produksi hormon endorfin di dalam otak meningkat, sehingga akan tercipta perasaan tenang dan santai.



    Melatih Pernapasan
    Bagi penderita asma, sangat dianjurkan untuk berenang secara rutin karena olahraga ini tak hanya membuat penapasan lebih lancar dan panjang, tapi juga dapat membuat sistem cardiovaskuler dan pernapasan Anda jadi lebih kuat.  (Febrina/VP/Image:Lifesize/Thinkstock)