Better You

Pikiran Buruk? Pergi Jauh-jauh!

  by: Hagi       12/9/2013
  • Memelihara suasana hati yang bagus punya efek yang begitu besar, terutama saat Anda dan pasangan sedang berusaha untuk memiliki keturunan. Mari simak apa saja tip dari Dr. Jones agar Anda bisa melawan pikiran negatif nan jahat itu.

    • Me time. Usahakan agar Anda selalu punya waktu buat diri sendiri setiap hari. Meskipun jika itu hanya selama lima atau sepuluh menit, cari waktu di mana Anda bisa bersantai memikirkan hal lain sehingga tubuh jadi kembali fully charged. Ketika seluruh perhatian Anda terpusat pada keinginan untuk hamil, maka bisa dipastikan bahwa fokus perhatian Anda ada pada hasil test pack, bukan pada prosesnya. Jangan lupa kalau Anda dan pasangan adalah bagian dari proses, sehingga sangat penting jika Anda selalu menjaga kesehatan dan diet yang seimbang. Jadi, daripada sibuk mengejar pasangan agar harus bercinta hanya pada saat Anda sedang dalam masa subur, sebaiknya lupakan saja itu dan bercintalah kapan pun Anda mau.
       
    • Cari solusi. Menuangkan apa yang Anda rasakan ke dalam diary itu sangat bagus lho, untuk membantu agar apa yang Anda rasakan tersalurkan. Di samping itu, Anda jadi bisa mengetahui apa yang sedang ada di dalam kepala Anda serta apa yang bisa dilakukan untuk mengubah itu jadi hal yang positif.
       
    • Kartu-kartu ajaib. Jika Anda memiliki kesulitan untuk tetap positif, maka buatlah sederet kartu yang isinya kata-kata penuh motivasi untuk dibaca setiap hari. Setidaknya setiap kali Anda baca, dengan otomatis otak akan merekamnya. Jadi tempelkan saja pada tempat-tempat yang pasti akan terlihat oleh Anda. Semisal di cermin kamar mandi, ditempelkan di atas layar komputer, di dalam mobil, atau jadikan wallpaper ponsel Anda. Gunakan kata-kata seperti “cantik”, “tubuh yang sehat”, “seimbang”, “siklus yang normal“, atau ”saya dan pasangan siap menjadi orang tua yang baik”. Pokoknya, gunakan berbagai kata yang akan membuat Anda tersenyum setiap kali membayangkannya.
       
    • Date night. Cara lain untuk menikmati proses menuju kehamilan adalah dengan mereka ulang situasi seperti ketika Anda dan pasangan masih berpacaran. Beri si dia kejutan, pergi makan di salah satu restoran favorit, menonton film di bioskop, atau sekadar menyesap segelas minuman hangat berdua di halaman belakang, sambil berbincang di bawah taburan bintang. Romantis!
       
    • Eliminasi aura negatif. Hilangkan semua yang sifatnya negatif di sekitar Anda. Hanya berhubungan dengan orang-orang yang positif, membaca buku yang bisa bikin Anda termotivasi, atau menonton film yang bahagia. Jangan sampai orang-orang yang kerap mengeluarkan aura negatif itu akhirnya memengaruhi mood Anda, terutama saat Anda sedang mencoba untuk memiliki keturunan. Satu lagi, mulai kini Anda harus memiliki “no button”. Yes darling, tak ada salahnya kok, sekali-kali mengatakan “tidak” dan menempatkan diri Anda sebagai prioritas utama. (Yoanita Listyawati/Image:Dok.Cosmo Pregnancy)



    tags: mom, health, stres