Career

Perhatikan 5 Hal Ini Saat Masuk Kantor Baru

  by: Adya Azka       18/9/2013
  • Kesan pertama atau first impression itu selalu penting ketika Anda bertemu dengan orang-orang dan lingkungan baru, terutama saat Anda baru saja diterima di kantor baru. Karenanya perhatikan lima hal penting berikut di hari pertama kerja saat Anda menjadi karyawan baru.

    1. Datang Tepat Waktu
    Anda biasanya akan disibukan dengan berbagai urusan administrasi dan pengenalan kepada seluruh bagian kantor baru di hari pertama kerja. Datang tepat waktu akan membuat Anda lebih relaks menghadapi hari baru dan menciptakan aura positif. Anda tidak ingin masuk kantor baru dengan wajah lusuh berkeringat dan nafas terengah-engah, kan?

    2. Kenakan Pakaian Terbaik
    Cari tahu apa saja jenis outfit dan aksesori yang boleh dan tidak boleh dikenakan di kantor baru Anda, atau mungkin kantor baru Anda mengharuskan karyawannya untuk mengenakan pakaian tertentu  untuk dikenakan di hari tertentu. Bisa jadi kan Batik's Day di kantor baru Anda justru terjadi di hari Senin, bukan Jumat. Pilih juga baju terbaik yang Anda miliki untuk meningkatkan rasa percaya diri saat langkah pertama masuk kantor.



    3. Waspada
    Tidak jauh beda dengan situasi di kantor Anda sebelumnya, di kantor yang baru pun Anda akan menemukan beragam karakter dan sifat dari kolega kerja. Saat ini sebaiknya Anda lebih banyak mendengar untuk mengetahui situasi kantor yang sesungguhnya. Pelajari setiap karakter orang yang berada di lingkungan baru ini karena merekalah yang nanti bisa membawa Anda untuk naik dan bersinar, atau malah menghancurkan karier Anda.



    4. Adaptasi
    Kantor baru, pekerjaan baru. Meskipun Anda sudah terbiasa mengerjakan hal serupa, ada baiknya tetap sharing dengan senior Anda untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan kantor. Pelajari juga kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan kolega di kantor baru agar Anda lebih mudah berbaur dengan mereka.

    5. Bergaul dengan Teman Baru
    Jangan pernah ragu untuk bergaul dengan para senior di kantor yang baru. Jangan pernah menunggu untuk diajak, namun mulailah untuk berinteraksi. Makan siang adalah saat yang tepat untuk berbaur bersama teman baru sambil mengenal lingkungan di sekitar kantor Anda. Ready for your first day? (Adhia Azka / VP / Image: thinkstock)

    tags: kerja, kantor, senior