Fashion

Ciri-Ciri Makeup Kadaluarsa

  by: Redaksi       27/9/2013
  • Bukan hanya makanan saja, yang punya masa kadaluarsa, namun produk makeup yang Anda pakai juga memilikinya. Yuk, kita lihat kapan waktu yang tepat untuk membuang produk makeup milik Anda! (Aliza Marcella / AC / Image: iStock/Thinkstock)

    1. Maskara
    Masa pakai: 3-6bulan
    Formula yang terdapat di dalam maskara akan bertahan selama enam bulan dari pertama kali Anda membukanya. Apabila dibiarkan lebih dari waktu tersebut, maka maskara akan menggumpal dan Anda pun tidak akan nyaman menggunakannya. Saat dipulaskan maskara  kadaluarsa ini juga bisa menjadi sarang bakteri yang dapat memicu infeksi pada mata ataupun akar bulu mata Anda!

    2. Lipstik
    Masa pakai: 2 tahun

    Dengan penggunaan dan tempat penyimpanan yang benar, biasanya batas bertahan lipstik maksimal dua tahun. Hentikan penggunaan lipstik, jika sudah terasa kering, bibir terasa perih ketika lipstik diaplikasikan, serta tekstur dan aromanya berubah.



    3. Blush  dan Eyeshadow
    Masa pakai: 2 tahun

    Ciri-ciri blush dan eyeshadow kadaluarsa adalah adanya perubahan tekstur dan warna menjadi sedikit lebih gelap dan samar. Perhatikan perawatan dan penyimpanan blush dan eyeshadow, serta pastikan untuk selalu menggunakan kuas  dalam keadaan kering dan bersih sebelum mengaplikasikannya pada wajah Anda.



    4. Foundation : Water based 1 tahun; Oil based 12-24 bulan
    Karena memiliki bahan dasar  yang berbeda, foundation berbahan dasar air hanya dapat bertahan hingga kurang lebih satu tahun, sementara foundation berbahan dasar minyak akan memiliki ketahanan hingga dua tahun. Bila tekstur dan warna sudah berubah, itulah saatnya Anda membuang foundation Anda.