Career

3 Hal Penting Untuk Memulai Bisnis Baru

  by: Redaksi       2/9/2014
  • Tanggal masih muda, tapi rekening Anda mulai sekarat. Rasanya, gaji dari satu pekerjaan saja mulai jauh dari cukup. Dan Anda sedang berpikir untuk menjalankan bisnis sendiri. Menurut pakar keuangan Suze Orman dalam bukunya The Money Class: Learn to Create Your New American Dream, ada tiga hal yang harus Anda miliki jika ingin menjalankan bisnis sendiri.

    Passion
    Sebelum memulai, camkan dulu bahwa usaha yang Anda jalani nantinya bukan semata muncul karena butuh penghasilan lebih atau penat bekerja untuk orang lain. Tahu kan akibatnya kalau menjalankan sesuatu setengah hati? Jadi bayangkan hal apa yang Anda ingin jalani saat Anda bekerja. Keinginan itu bisa membawa Anda melihat bidang pekerjaan yang dicintai selama ini.

    Leadership
    Ini bukan hanya perihal memimpin orang lain, lho dear. Memang nantinya secara perlahan Anda akan memiliki bawahan untuk membantu pekerjaan. Tapi untuk membuka bisnis, Anda juga harus belajar memimpin sebuah usaha dari mulai perencanaan hingga evaluasi proses akhir. Proses panjang itu tak akan berjalan lancar bila Anda bukan seorang pemimpin yang visioner, tegas, dan tentunya berkemauan keras.





    Modal
    Menurut Suze, setidaknya Anda membutuhkan waktu setahun untuk membangun usaha yang stabil. Jadi Anda harus mulai menghitung-hitung biaya operasional selama setahun berikutnya. Saran Suze, modal tidak berasal dari tabungan atau investasi Anda. Bukalah rekening bank baru untuk mengumpulkan uang yang bisa digunakan untuk start-up fund. (Muhtar Rais/IR/Image: Fuse/Thinkstock)