Career

4 Daftar Kesalahan yang Sering Dilakukan Si Boros

  by: RedaksiCosmopolitan       17/9/2014
  • Berencana untuk menabung setiap waktu, tapi tidak pernah berhasil karena godaan shopping? Bisa jadi Anda terjebak dalam kesalahan berikut ini yang membuat niat menabung terus menguap.

    1. Terlalu Lelah (Baca: Malas)
    Setiap kali masuk ke pusat perbelanjaan, Anda pasti langsung tertuju pada toko langganan. Saat menemukan sepatu yang lucu, Anda pun langsung pergi ke kasir dan membayarnya. Padahal itu bukan tujuan utama Anda, bahkan sepatu yang dibeli pun bukan sepatu idaman yang benar-benar diinginkan. Yup, terlalu lelah atau malas untuk berkeliling mencari benda yang sesuai keinginan dan kebutuhan juga menjadi satu hal yang dapat menjebak si boros. Padahal, siapa tahu di toko sebelah ada penawaran yang lebih baik?

    2. Tergoda Penawaran
    Cosmo memang menyarankan Anda untuk berkeliling hingga mendapatkan barang yang sesuai dengan kebutuhan. Tapi, hati-hati dengan tawaran menggiurkan yang diberikan di tiap toko. Tulisan SALE yang dipasang di setiap sudut toko, penawaran buy one get one, hingga diskon 70%+20% biasanya menjadi magnet kuat untuk dompet Anda. Agar tidak tertipu, coba tentukan dulu barang yang memang benar-benar Anda butuhkan dan cek kualitasnya. Setelah itu, baru hitung biaya yang harus dikeluarkan. Jika memang tidak jauh beda dengan harga normal, kenapa harus terburu-buru memborongnya?



    3. Pelampiasan
    Inilah kesalahan yang paling sering dilakukan wanita! Kesal dengan si dia, stres karena pekerjaan di kantor, bermasalah dengan rekan kerja, semua kekesalan tersebut akan langsung sirna dengan... shopping! Padahal, shopping saat sedang bad mood hanya akan membuat Anda membeli berbagai barang yang sebenarnya memang tidak dibutuhkan. So, masih bertanya-tanya kenapa uang di rekening terus menyusut?



    4. Merasa Bersalah
    Tidak membeli sepatu idaman saat sale bulan lalu akan membuat Anda tidak peduli lagi dengan harganya saat ini. Bisa ditebak, Anda pun langsung membelinya. Merasa bersalah karena lupa ulang tahun sahabat juga akan membuat Anda nekat mengeluarkan biaya lebih tinggi untuk membeli hadiah sebagai ungkapan maaf. Pernah merasa seperti itu? Meski jarang disadari, hal ini termasuk salah satu penyebab Anda jadi lebih boros. (Adhia Azka/VP) Image by peoplecreations / Freepik




    tags: shopping, boros