Career

5 Alasan Tampil Fashionable Bisa Meningkatkan Karier

  by: Redaksi       17/9/2014
  • Belum berdandan dan tampil ekstra stylish saat menuju ke kantor? Segera lakukan, karena menjadi seseorang yang fashionable ternyata dapat meningkatkan karier Anda. Find out why!

    1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

    You are what you wear! Mungkin ungkapan ini yang paling cocok untuk mendeskripsikan mengapa tampil fashionable di kantor dapat meningkatkan karier. Seorang psikolog asal Amerika, Dr. Jennifer Baumgartner, mengungkapkan dalam bukunya bahwa saat mengenakan padanan pakaian yang stylish dan stand out, Anda akan menjadi lebih percaya diri dalam mengerjakan berbagai hal. Cobalah untuk memakai pakaian yang tidak seperti biasanya ketika ada acara penting di kantor seperti saat Anda harus presentasi. Tapi ingat, jika Anda pergi ke sebuah acara resmi, perhatikan juga aturan berpakaian atau dress code yang ada.



    2. Mempertahankan Mood

    Belum percaya fashion dapat mengubah mood ketika Anda pergi ke kantor? Lakukanlah ini: Persiapkan padu padan pakaian malam hari untuk keesokan pagi saat pergi ke kantor. Persiapkan pula aksesori dan makeup yang senada. Pagi hari ketika Anda hendak pergi, Anda akan merasakan kesenangan tersendiri. Berdasarkan sebuah studi dari Universitas Hertfordshire, kesenangan inilah yang dapat mempertahankan mood Anda selama di kantor.

    3. Mendapatkan Reaksi Positif

    Tatanan rambut rapi, wajah segar dan outfit yang pas dapat menuai reaksi positif dari orang-orang sekitar. Seperti yang ditulis Ben Fletcher dan Karen Pine (keduanya Profesor Psikologi di University of Hertfordshire) dalam buku mereka Do Something Different, secara psikologis orang selalu lebih menyukai tampilan yang enak dipandang. Demikianlah saat penampilan Anda terlihat menawan di kantor, orang-orang sekitar pun akan terbawa dalam reaksi yang positif, mungkin termasuk atasan atau klien Anda. Namun jangan lupa seimbangkan dengan perilaku positif juga, ya.



    4. Mengajarkan Tanggung Jawab

    Berusaha untuk selalu berpenampilan menarik juga sekaligus membuat Anda untuk belajar bertanggung jawab tidak hanya pada diri sendiri namun juga pada pekerjaan. Penampilan Anda dapat mendeksripsikan kultur bisnis perusahaan. Nah, itu pula yang membuat Anda lebih bertanggung jawab untuk mempertahankan citra baik perusahaan.

    5. Menunjang Produktivitas Kerja

    Karena mood yang bagus, kepercayaan diri tinggi, kepemilikan tanggung jawab yang menuai respon positif dari orang sektiar lingkungan kantor, produktivitas kerja Anda pun pastinya meningkat. Sebuah penelitian di Amerika pun berkata demikian, 75% wanita yang memperhatikan penampilan dapat meraih keberhasilan dalam karier. So, better do it now, ladies! (Aulia Meidiska / VP / Image: various)