Career

5 Hal yang Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja

  by: Redaksi       22/9/2014
  • Seringkali Anda mengeluh karena pekerjaan begitu banyak dan menumpuk. Mungkin juga Anda mengeluh karena waktu kerja terasa sangat kurang. Check yourself, ladies. Selama ini, bisa saja ternyata Anda sendirilah yang tidak memanfaatkan waktu kerja lebih baik. Kalau itu yang jadi masalah, coba ikuti saran Cosmo berikut agar waktu kerja Anda lebih produktif.

    1. Kurangi Waktu Ber-Social Media

    Membuka social media bisa membuang waktu cukup banyak. Akuilah ladies, pasti banyak dari Anda yang membuka social media sampai lupa waktu. Log out semua akun social media Anda saat bekerja, atau batasi waktu saat membukanya, misalnya hanya pada jam tertentu (jam makan siang atau after office) atau dibatasi hanya 5 menit saja.



    2. Tepat Waktu Saat Makan Siang

    Waktu makan siang biasanya jadi ajang makan sekaligus gosip dengan rekan kerja. Dan lagi-lagi waktu makan (baca: bergosip) inilah yang membuat Anda lupa waktu. Jika jam kantor menetapkan makan siang pukul 12 hingga 1 siang, maka kembalilah ke kantor tepat waktu, dan mulailah bekerja lagi.

    3. Cek E-mail Setiap 30 Menit

    Kebiasaan para pekerja adalah membuka e-mail setiap saat untuk memeriksa surat elektronik baru yang masuk. Hal ini justru membuat Anda terus membuka e-mail dan tidak segera bekerja. Cobalah tetapkan jadwal membuka e-mail setiap 30 menit. Dengan begitu jajaran e-mail akan masuk dan Anda bisa sekaligus membalasnya.



    4. Rapikan Meja Kerja Anda

    Kertas-kertas pekerjaan dari si bos terus berdatangan dan membuat meja Anda berantakan. Kondisi seperti ini membuat Anda tidak betah berada di meja kerja bahkan malas bekerja. Rapikan meja kerja, pisahkan file yang akan dikerjakan dan sudah dikerjakan. Dengan begitu Anda akan lebih teratur dan semangat dalam bekerja.

    5. Buatlah Jadwal Kerja

    Biasakan membuat jadwal harian tentang apa yang akan Anda kerjakan. Selain jadi pengingat, hal ini juga membuat urutan kerja Anda jadi lebih rapi dan teratur. Cek list setiap pekerjaan yang sudah Anda lakukan dan buat lagi jadwal untuk keesokan harinya. (Indira Listiarini / VP / Image: doc. Thinkstock)