Career

5 Tip Sebelum Memulai Bisnis dengan Pasangan

  by: Adya Azka       22/9/2014
  • Sudah merasa cocok dengan pasangan, lalu terlintas untuk membuat bisnis berdua? Hmm, terdengar seperti ide yang bagus ya. Tapi, sebelum Anda benar-benar memulainya simak dulu tip dari Cosmo berikut agar bisnis dan hubungan cinta bisa berjalan beriringan.

    1. Satukan Konsep
    Hal paling pertama yang harus dilakukan saat akan membangun sebuah bisnis (dengan siapa pun itu, termasuk pasangan) adalah menentukan jenisnya. Bisnis dalam bidang food and beverages, fashion, atau perawatan tubuh kini sedang banyak diminati lho. Setelah tahu jenisnya, Anda bisa langsung menyatukan konsep bisnis – mulai dari menentukan nama usaha, lokasi, dan beragam hal detail lainnya.

    2. Rencanakan Modal
    Membuka bisnis, Anda tentu membutuhkan modal. Karena ini adalah bentuk usaha berdua, maka sangat penting bagi Anda berdua untuk mendiskusikan asal muasal si modal. Tentukan juga persentase modal yang Anda dan si dia berikan untuk bisnis ini karena akan menentukan jumlah keuntungan yang didapat per orang nantinya.



    3. Transparan
    Meskipun hubungan Anda dan si dia sudah lebih jauh daripada hanya sekadar rekan bisnis, tapi bukan berarti pengelolaan keuangan tidak perlu transparan. Selain modal, keluar masuknya uang, dan jumlah keuntungan yang didapatkan juga harus benar-benar dibuat setransparan mungkin. Jangan sampai kecurigaan antar satu sama lain membuat bisnis ini hancur lambat laun. Tak menutup kemungkinan jika hal ini jugalah yang dapat merusak hubungan cinta Anda berdua. Oh no!



    4. Kelola Bersama
    Membangun bisnis bersama, berarti Anda juga harus mengelola dan mengerjakannya secara bersama-sama. Jangan sampai ada salah satu pihak yang merasa dirugikan. Dan ingat, semuanya harus dilakukan secara profesional. Sebisa mungkin pisahkan masalah cinta dan bisnis ya.

    5. Komitmen Bisnis
    Selain memikirkan hal-hal baik yang mungkin akan Anda berdua dapatkan, pikirkan juga worst case scenario yang bisa saja terjadi. Jika hubungan cinta Anda berakhir, apakah bisnis ini akan tetap lanjut, atau ikut berakhir juga? Nah hal seperti ini memang harus dibicarakan sebelum Anda berdua benar-benar memulai bisnis ini. Cobalah buat komitmen berdua yang tentunya akan membuat Anda dan si dia merasa diuntungkan dengan bisnis ini. (Adhia AZka/VP/Image: thinkstock)