Better You

4 Cara Bikin Periode Menstruasi Menyenangkan

  by: Redaksi       23/9/2014
  • Setiap bulan, saat menstruasi melanda pasti “berjuta rasanya”. Mulai dari sakit akibat kram atau mood yang tak enak. Daripada setiap bulan hal ini merusak waktu Anda, Cosmo punya tip agar periode Anda jadi lebih menyenangkan.

    Heat Therapy
    Hapus air mata Anda saat kram melanda. Coba gunakan heating pad, botol yang telah diisi air hangat, atau sederhananya handuk yang sebelumnya Anda rendam di air hangat. Terapi menggunakan cara tersebut bisa melancarkan peredaran darah dan mengantar lebih banyak oksigen ke sel-sel darah. Dengan begitu Anda akan lebih merasa nyaman dan rasa sakit perlahan menghilang.

    Jaga Asupan Makan
    Gula, garam, dan kopi. Hilangkan dulu deretan makanan yang mengandung bahan tersebut. Efeknya akan membuat periode menstruasi Anda makin “jahat”. Sebaiknya, perbanyak buah, sayuran, dan makanan yang kaya akan kalsium, zinc, dan omega-3 untuk mempertahankan level hormon prostaglandin yang menjadi penyebab rasa sakit saat menstruasi.



    Vitamin B6
    Asupan vitamin B6 akan membantu otak Anda memproduksi serotonin, hormon kebahagiaan. Untungnya, vitamin ini banyak terkandung dalam makanan-makanan yang sangat lezat, seperti ikan, ayam, kentang, dan pisang.



    Tetap Berolahraga
    Pastinya saat menstruasi Anda hanya ingin berbaring nyaman di kasur dan tak mau bergerak lantaran kram yang menyiksa. Percayalah, The American College of Obstetricians and Gynecologists menyarankan Anda untuk tetap melakukan olahraga. Lakukan saja olahraga ringan seperti berjalan, berlari, atau yoga yang akan mengurangi rasa stres dan sakit di tubuh. (Muhtar Rais/FT/Image: Piotr Marcinski/iStock/Thinkstock)