Career

Cara Hindari Boros Saat Belanja Online

  by: Redaksi       23/9/2014
  • Tak bisa dipungkiri jika kini situs belanja online kian menjamur. Jenis barang yang dijual pun bervariasi – mulai dari makanan, kebutuhan rumah tangga, elektronik, sepatu, hingga bikini. Apalagi cara transaksinya pun sangat mudah – tinggal klik, transfer, dan barang pun dikirim ke rumah atau kantor Anda. Dengan segala kemudahan ini, kemungkinan Anda untuk menjadi boros terbuka lebar. Agar hal itu tidak terjadi, simak tip sederhana Cosmo berikut!

    1. Hindari Belanja di Pagi Hari

    Beberapa online shop sengaja memasarkan barang di pagi hari karena pagi adalah waktu terbaik untuk memasarkan barang dan membuat para konsumen tergoda dengan harga barang yang ditawarkan. Apalagi jika ada diskon. Bisa gawat kan kalau pagi-pagi Anda sudah mulai membuka beberapa online shop di Instagram... dan memesannya! Tanpa disadari Anda sudah mengeluarkan uang untuk membeli barang yang mungkin sebetulnya tidak terlalu Anda butuhkan.




    Baca Juga: Takut Keluar? 5 Online Shop Jual Perangkat Rumah Murah


    2. Waspada dengan Diskon

    Memang tawaran diskon atau potongan harga sangatlah menggoda dan menggiurkan ketika Anda ingin membeli sebuah barang. Apalagi potongan harga yang ditawarkan lumayan fantastis (pernah tergoda dengan tawaran diskon 80%, kan?). Nah, kalau sudah begini, salah satu solusi agar dompet Anda tidak jebol adalah menahan diri untuk tidak mudah tergoda. Sulit memang, tapi tak ada yang bisa menahan Anda untuk tak termakan godaan selain diri sendiri.  


    Baca Juga: Tip Belanja Saat Banjir Diskon

    3. Batasi Diri untuk Membuka Smartphone atau Internet

    Banyak sekali online shop yang melakukan promosi melalui Instagram, Twiter, Facebook, dan Pinterest. Memang seru kalau hanya untuk mencuci mata Anda dan sekedar mencari inspirasi. Namun, kalau Anda terlalu sering melihat jejaring sosial yang mereka miliki, yang ada malah Anda jadi ingin belanja terus. Jangan sampai sebelum akhir bulan gaji Anda sudah habis ya, dear.




    Baca Juga: 5 Online Shop Favorit Cosmo


    4. Jangan Sembarangan Simpan Info CC Anda

    Jangan pernah menyimpan nomor kartu kredit pada situs belanja manapun. Memang di satu sisi memudahkan Anda untuk melakukan proses transaksi – Anda jadi tidak perlu mengetik ulang nomor yang tertera pada kartu kredit. Tetapi hal ini sering kali menjadi salah satu jalan mudah Anda menuju pemborosan.


    Baca Juga: 7 Kesalahan Fatal Penggunaan Kartu Kredit

    5. Lihat Review dan Rating

    Ketika hendak membeli barang secara online, ada baiknya Anda membaca review dan rating orang-orang yang sudah membeli barang di online shop tersebut. Hal ini dapat membuat Anda tidak terburu-buru saat membeli barang. Selain itu, Anda juga bisa berpikir untuk mempertimbangakan sekali lagi sebelum membayarnya. Dengan memeriksa review dan rating, Anda bisa terhindar dari rasa kecewa dengan barang yang didapatkan. (Rachelle Kandou / Vidi Prima / VP / Image: Thinkstock)