Career

Waktu, Investasi Penting Seorang Entrepreneur

  by: RedaksiCosmopolitan       25/9/2014
  • Sebagai seorang entrepreneur, ada hal lain selain uang yang perlu diinvestasikan yang ternyata sering dilupakan oleh kebanyakan entrepreneur. Yup, hal tersebut adalah keseimbangan waktu. Cosmo berikan beberapa alasan mengapa investasi waktu itu sangat penting.

    Keseimbangan Usaha & Kehidupan

    Ketika memulai sebuah bisnis sendiri, biasanya Anda akan lebih fokus pada bisnis barunya. Bahkan sayangnya, Anda jadi sering sekali lupa tentang kehidupan pribadi. Di sinilah pentingnya waktu untuk memberi ruang bagi diri Anda sendiri dan orang terdekat. Coba bagi skala prioritas dari pagi hingga malam hari antara bisnis dan kehidupan pribadi. Anda tentu tidak mau kan menghabiskan hari tua seorang diri karena tak pernah meluangkan waktu untuk diri sendiri dan orang-orang terdekat?



    Perencanaan Matang

    Investasi waktu membuat rencana Anda semakin matang. Waktu yang telah Anda sediakan dan rancang akan membantu mengembangkan bisnis Anda. Misalnya setiap bulan Anda meluangkan dua hari untuk melakukan brainstorming ide baru dan survei. Hasilnya, bisnis Anda pasti semakin berkembang pesat.


    Meningkatkan Kepercayaan



    Cosmo yakin semakin berkembang bisnis, tentu jaringan bisnis, rekan kerja, dan pegawai Anda akan bertambah. Tapi jangan sampai Anda sepenuhnya melepaskan tanggung jawab kepada orang lain dan waktu Anda dipakai hanya untuk bersantai-santai. Tetap atur waktu untuk ikut terjun ke bersama rekan atau pegawai. Mungkin sesekali Anda bisa adakan potluck untuk menciptakan bond yang lebih kuat dengan bawahan di dalam perusahaan. (Indira Listiarini / VP / Image: doc. iStock - Thinkstock)