Love & Sex

Pertengkaran Bisa Memperkuat Hubungan Asmara

  by: Redaksi       26/9/2014
  • Adu mulut mulai dari masalah yang kecil hingga besar tidak selamanya jadi lampu merah dalam hubugan Anda dan si dia. Menurut Jane Greer, Ph. D., penulis What About Me? Stop Selfishness From Ruining Your Relationship, pertengkaran bisa jadi jalan memperkuat hubungan.

    Membuang Jauh Emosi Negatif
    Menyimpan segala kekesalan Anda terhadap pasangan mengenai hal apapun hanya akan memperburuk keadaan. Jangan pernah takut untuk menyampaikan secara langsung setiap permasalahan yang Anda atau si dia rasakan. Dengan mengangkat setiap masalah untuk dibicarakan bersama, emosi, kemarahan, dan kekecewaan Anda akan tersalurkan. Which means, itu akan jadi hal yang baik, karena masalah tidak akan makin menumpuk dan menunggu untuk meledak.

    Mengenal Cara Pandangnya Terhadap Masalah
    Poin utama dari setiap “duduk manis membicarakan masalah yang terjadi” adalah Anda berdua harus bisa mendengarkan isi hati dan pendapat masing-masing. Bukan menyerangnya karena Anda tahu si dia salah. Setelah mendengar seluruh isi hati dan pendapatnya, Anda akan bisa melihat cara pasangan menangani masalah yang ada. Apakah si dia tipe yang childish, pemberi solusi, atau selalu defensif?





    Belajar Berkompromi Bersama
    Hasil akhir yang Anda berdua cari, bukan siapa yang nantinya akan menang atau salah. Win-win solution-lah yang harus Anda capai. Di fase awal memang sulit untuk bisa mencapai hal tersebut, kedua belah pihak pasti akan keras dengan pemahaman masing-masing. Seiring waktu (bila Anda berdua sudah bisa terbuka dan meredam emosi untuk membicarakan setiap masalah) semua hal akan terjadi lebih mudah. Pada akhirnya Anda dan pasangan akan mengerti bahwa setiap orang memiliki pendapat masing-masing. Maka sudah seharusnya perbedaan itu bisa saling melengkapi, bukan saling menyakiti. (Muhtar Rais/SW/Image: iStock/Thinkstock)