Career

Cara Sederhana Selamatkan Bumi Saat di Kantor

  by: RedaksiCosmopolitan       30/9/2014
  • Peduli terhadap lingkungan tidak melulu harus meluangkan waktu khusus dengan menanam pohon lho. Anda juga bisa melakukan “penyelamatan” terhadap bumi saat di kantor. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini dan jadilah penyelamat bumi.

    Matikan Barang Elektronik
    Saat Anda akan pergi makan siang atau akan pulang ke rumah, jangan pernah lupa untuk mematikan komputer. Selain itu, cabut juga kabel charger setelah baterai smartphone full. Walaupun sederhana, cara ini cukup efektif untuk menghemat listrik.

    Gunakan Cahaya Alami
    Jika meja Anda berada di dekat jendela, cobalah buka tirai dan matikan lampu.  Cahaya matahari yang masuk bisa digunakan sebagai penerangan alami. Selain itu, cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan juga membuat udara lebih sehat.



    Daur Ulang Kertas
    Cobalah untuk mengurangi penggunaan kertas saat di kantor, salah satunya dengan cara lebih maksimalkan penggunaan e-mail dalam mengirimkan surat. Jika memang sudah terlanjur banyak kertas bekas yang menumpuk, gunakan sisi sebaliknya sebagai notes atau tempat corat-coret.



    Gunakan Tangga
    Mulai saat ini, bersahabatlah dengan tangga. Yes ladies, selain dapat menjadi alternatif untuk berolahraga, memilih tangga daripada lift juga bisa menjadi langkah penyelamatan bumi. Dengan cara ini Anda berpartisipasi dalam penghematan listrik.


    Hemat Tisu dan Air
    Saat pergi ke toilet, cara yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan bumi adalah dengan menghemat tisu dan air. Penghematan air juga bisa dilakukan dengan memastikan flush sudah pada kondisi mati saat Anda keluar dari toilet. Selain itu, cobalah untuk lebih peduli pada kran air. Meskipun air yang keluar hanya beberapa tetes, dalam satu jam Anda sudah membuang air yang cukup banyak. (Adhia Azka/VP/Image: thinkstock)