Better You

Makanan Pencegah Sakit Hati

  by: Adya Azka       29/9/2014
  • Sembarangan menyantap segala jenis makanan dan minuman (khususnya minuman berkadar alkohol tinggi dengan frekuensi cukup sering) ternyata dapat membuat hati atau liver Anda “lelah” lho. Sebagai salah satu “mesin” tubuh yang sangat penting untuk manusia, tentu kinerja hati juga harus Anda jaga, salah satunya dengan mengonsumsi empat makanan berikut.

    Alpukat
    Menambahkan alpukat dalam menu sehari-hari berarti Anda sudah membantu hati dalam bekerja. Alpukat yang masuk ke dalam tubuh akan merangsang produksi glutation. Inilah salah satu jenis antioksidan yang dibutuhkan hati untuk menghalau zat-zat berbahaya dari makanan atau minuman yang Anda santap.

    Apel
    Buah yang mengandung vitamin C dan D-glucaric, seperti apel, sangat baik untuk kesehatan hati. Dengan menyantap apel, Anda sudah menghilangkan sisa lemak yang ada dalam liver. Apel dapat menjadi buah pilihan untuk membersihkan organ liver Anda.



    Kunyit
    Sejak zaman dahulu, kunyit memang dipercaya sebagai rempah yang sangat bersahabat dengan hati. Kunyit mampu melindungi hati Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kunyit juga membantu metabolisme lemak dan mengurangi jumlah simpanan lemak dalam hati.



    Anggur
    Vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam anggur merah mampu menjaga daya kerja liver. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk buah ataupun yang sudah dibuat menjadi jus. Sebaiknya konsumsi anggur setiap hari agar kesehatan liver tetap terjaga. (Adhia Azka/VP/Image: thinkstock)